WeWork, Bisnis Coworking Space Yang Bersiap Go Public

Perubahan kebiasaan bekerja membuat coworking space menjadi solusi dalam berkantor


Sumber Gambar: https://www.wework.com/


Coworking Space sepertinya memang perlahan mulai menggantikan peran kantor pribadi yang biasanya dimiliki oleh perusahaan. Fenomena berbagi kantor dengan orang lain menjadi hal yang biasa terutama untuk generasi muda yang baru memulai usaha atau membangun startup. Kebiasaan ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di negara lain.

Salah satu perusahaan yang terkenal dalam bisnis coworking space adalah WeWork. Berbasis di New York, Amerika Serikat, WeWork saat ini telah memiliki coworking space di lebih dari 30 negara mulai dari Australia, Belgia, Brazil, Denmark, Perancis, Itali, Jepang, Korea, Thailand, hingga Thailand dan Indonesia. 

Perkembangan WeWork yang luar biasa membuat mereka akan melakukan IPO (initial public offering) atau go public. Berita ini dilansir oleh Business Insider (13/08/2019) dimana We Work juga akan mengganti namanya menjadi The We Company bersamaan dengan pengumuman tersebut.

Adam Neumann selaku CEO WeWork mengumumkan secara langsung bahwa mereka akan go public dalam minggu ini. Bisnis coworking space telah dijalankan oleh Adam sejak 2012 dan saat ini telah memiliki nilai hingga $47 milyar. 

Sebelum go public, WeWork sebelumnya mendapatkan investasi dari Softbank di tahun 2017 senilai $1.7 milyar. Lalu Softbank kembali mengucurkan dana hingga $1 milyar di bulan Januari lalu. Total investasi sejak awal yang dikucurkan Softbank bahkan telah mencapai $10 milyar. Kerja sama yang cukup panjang ini membuat hubungan antara CEO Softbank, Masayoshi Son dan Adam Neumann menjadi sangat dekat.

Selain bisnis coworking space, di bawah The We Company ada bisnis lain yang tergabung. WeGrow adalah sebuah Sekolah di New York yang dibuat dan ditangani oleh istri dari CEO WeWork yaitu Rebekah Paltrow Neumann. Selain itu ada juga WeLive, sebuah perumahan yang diciptakan untuk mengakomodir komunitas melalui berbagai fasilitas bersama untuk memicu inspirasi dan kolaborasi. 

Saat ini berkantor memang bisa dilakukan dimana saja. Tapi apa yang dilakukan oleh WeWork dengan ekosistemnya berperan lebih dari sekedar tempat bekerja. Menarik untuk dilihat bagaimana persaingan Coworking Space dan apa yang akan ditawarkan ke depannya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend