Tujuh Tahapan Dalam Proses Rekrutmen

Berikut ini merupakan tahapan rekrutmen pada umumnya.


1
Share via
1 share, 1 point

Seseorang yang akan melakukan proses rekrutmen kerja tentunya akan melalui beberapa tahapan sampai akhirnya mendapat keputusan untuk diterima atau tidak di suatu perusahaan. Sebelum kalian melakukan proses tersebut ada baiknya untuk mengenali tujuh tahapan dalam proses rekrutmen kerja:

  1. 1 Identifikasi Deskripsi Pekerjaan

    Rekruter sebelumnya harus mencari tahu apakah lowongan ini baru dibentuk atau baru dikosongkan, analisis spesifikasi pekerjaan termasuk pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Pastikan apakah perusahaan memerlukan seseorang untuk mengurus sesuatu yang saat ini tidak ditangani (kebutuhan baru dalam hal kemampuan, kinerja dan kepribadian).

  2. 2 Menyiapkan Deskripsi Pekerjaan

    Setelah memahami apa yang perusahaan butuhkan dalam hal kemampuan, kinerja dan kepribadian. selanjutnya adalah menentukan tugas dan tanggung jawab pekerjaan, dengan mempersiapkan deskripsi pekerjaan yang komprehensif.

  3. 3 Mencari Talent

    Mencari talent dengan Mengidentifikasi bakat yang tepat, membuat cara agar menarik mereka dan memotivasi mereka untuk melamar dengan melakukan pencarian secara internal (kandidat dari perusahaan) dan eksternal (kandidat baru diluar karyawan perusahaan).

  4. 4 Screening and Shortlisting

    Setelah kandidat terkumpul, maka data-data yang didapat dari kandidat harus diolah dengan benar. Rekruter harus menyaring dan memilih dari sekian jumlah kandidat secara tepat dan efisien.

  5. 5 Wawancara

    Sebelum memberi penawaran atau penolakan biasanya perusahaan akan melakukan proses wawancara. Kandidat yang lolos di tahap sebelumnya akan mendapatkan jadwal wawancara dari perusahaan.

  6. 6 Evaluation and Offer of Employment

    Dari tahapan yang telah dilalui ini merupakan tahapan akhir dalam rekrutmen, perusahaan tidak boleh menerima karyawan begitu saja dengan tawaran yang akan diberikan. Namun jika kandidat telah sabar menunggu, melewati semua proses seleksi kemungkinan akan menerima penawaran yang tinggi.

  7. 7 Introduction of the New Employee

    Ketika pelamar menerima tawaran pekerjaan maka selanjutnya mengkomunikasikan kapan mereka mulai bekerja, verifikasi dan memperkenalkannya ke unit tempat mereka bekerja. 

    Itulah tujuh tahapan yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam proses rekrutmen, tahapan yang panjang dilakukan dengan harapan mendapat kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.


Like it? Share with your friends!

1
Share via
1 share, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend