Squee, Tinggalkan Jejak Perjalananmu Secara Digital

Aplikasi ini akan membantumu untuk membuat jurnal perjalanan.


0
Share via
5 shares

Di era digital dan media sosial seperti saat ini, dunia seakan hanya berada di ujung jari. Perkembangan industri pariwisata di Asia Tenggara tidak luput dari hal tersebut.

Dengan semakin banyaknya pilhan untuk penerbangan murah, online booking platform, serta keadaan ekonomi yang saling bergantung, secara tidak langsung telah membuat komunitas perjalanan global menjadi semakin saling terhubung. Teknologilah yang menghubungkan semua ini, ditambah lagi dengan perkembangan startup digital yang menciptakan berbagai aplikasi sehingga perjalanan kemanapun seakan menjadi sangat mudah, praktis, menyenangkan, bahkan ketika ada keadaan yang kurang baik akan terasa tidak terlalu menakutkan.

Sejalan dengan perkembangan yang terjadi, sebuah startup digital asal Indonesia bernama Squee bergabung dengan membawa slogan “Membuat semua langkah berharga untuk diingat.” Melalui aplikasi ini, kita akan mempunyai sebuah peta pribadi yang menampilkan jejak digital perjalanan yang sudah dilakukan. Dibentuk oleh empat orang founder, Arlene Nathania, Edy Haryono, Marissa Pudjiadi, dan Dicke Nazzary Akbar, Squee sendiri saat ini masih berada di tahap public beta. Aplikasi ini dibuat untuk kompetisi Jakarta Urban Challenge pada acara New Cities Summit 2015 dan pada saat itu, aplikasi ini masih berupa navigasi untuk pejalan kaki, pengguna sepeda serta pengguna kereta commuters

Ide untuk membuat Squee sendiri muncul dari Arlene dan Edy yang sangat mencintai traveling dan ingin mendekatkan komunitas traveling yang tersebar.

"Dibuat untuk para travelers, nomaden, serta para penggemar traveling, fitur utama Squee ditujukan untuk membantu target pasar mereka membuat jejak digital secara real-time menggunakan geo-location peta dari tempat yang pernah mereka kunjungi," begitu menurut Arlene. "Mereka (para travelers) bisa mengumpulkan dokumentasi lengkap yang merangkum seberapa jauh perjalan yang telah mereka lakukan. Ini seperti jurnal yang berbentuk sebuah peta." 

Sejalan dengan perkembangan tren media sosial, Squee juga mengijinkan para penggunanya untuk meninggalkan jejak mereka dan dilihat oleh para travelers lain melalui fitur sosial yang ada. Hal ini tidak hanya bagus untuk saling memberikan inspirasi agar melakukan perjalanan ke tempat baru, tetapi juga bisa saling berbagi pengalaman, kesukaan atau lokasi tersembunyi yang belum pernah dijelajah oleh banyak orang. Para penggunannya juga bisa membuat sebuah grup untuk pergi bersama dan membuat peta perjalanan yang menunjukkan kesukaan yang sama. "Squee tidak sama seperti Google Maps," begitu menurut Arlene.

Yang paling jelas terlihat dari Squee adalah para co-founder nya yang juga 'Squeeeians'. "Kami adalah para pelancong digital, kami bekerja dan melakukan traveling secara bersamaan, jadi secara tidak langsung, Squee membuat kami mengerjakan sesuatu yang sangat kami sukai." begitu jelas Arlene. Sebagai tambahan, Squee sendiri ternyata dibentuk di Hamburg, Jerman sebelum Arlene dan Edy memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Arlene berkata, "Kami saat ini berada di Bali dan merasa lebih produktif dan fokus disini". Hal ini juga memperjelas bahwa niat mereka untuk kembali ke Indonesia disebabkan karena perkembangan Asia Tenggara yang cepat dan menjanjikan kesempatan bagi para digital entrepreneurs. "Terjadi perkembangan pengguna mobile yang besar, investasi yang berdatangan, serta berbagai praktek bisnis dan industri yang harus dirubah. Ekosistem yang tersedia sangatlah menjanjikan untuk startup dan bisnis seperti kami," begitu tutup Arlene.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
5 shares

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend