Saran Ibu dan Produk Lokal Ternyata Resep Sukses McDonald’s Jepang

Jangan pernah meremehkan saran konsumen terutama Ibu rumah tangga


1
2 shares, 1 point

Image Credit:japantimes

Restoran  cepat saji asal Amerika, McDonald sudah sejak lama meninggalkan jejaknya di berbagai negara. Yang unik dari restoran berlogo ‘M’ berwarna kuning ini adalah menunya yang memiliki ciri khas setiap negara dimana cabangnya berdiri. 

Di  Jepang, McDonald bisa dikategorikan sebagai salah satu restoran cepat  saji yang paling terkenal. Menunya yang selalu unik dan hadir di setiap musim telah berhasil membuat restoran ini memiliki penggemarnya  setia. 

Tetapi, sebelum seperti sekarang, McDonald di Jepang ternyata mengalami masalah yang sangat memperngaruhi bisnis mereka. Puncaknya pada tahun 2014, McDonald Jepang mengalami beberapa skandal seperti; daging supplier yang kadaluarsa, ditemukan sebuah gigi di dalam kentang goreng, serta kecelakaan pada anak kecil karena pecahan plastik yang tercampur di dalam es krim sundae mereka.

Kejadian ini bahkan menyebabkan penjualan McDonald menjadi yang paling rendah semenjak perusahaan tersebut Go-Public di tahun 2001. Bahkan McDonald Corp. yang berada di Amerika memutuskan untuk menjual 49.9% saham mereka kepada perusahaan Jepang lain untuk menutupi kerugian yang ditimbulkan termasuk dari banyaknya cabang yang ditutup.

"Saya ingat saat itu sudah berpikir bahwa McDonald's sudah berakhir," begitu kata Ichiro Fujita, konsultan yang berperan untuk membawa merek restoran asing ke dalam Jepang. "Banyak orang berkata bahwa mungkin mereka (McDonald's) harus mengganti nama karena citranya yang sudah sangat  buruk."

Tetapi, Sarah Casanova yang akhirnya mengambil alih McDonald's Holding Co. Japan di tahun 2014 tidak sependapat dengan hal tersebut. Sarah memutuskan untuk berkunjung ke-47 prefektur untuk menyampaikan kepada para pelanggan terutama ibu-ibu bahwa perusahaan  tersebut sedang menerapkan dan meingkatkan keamanan atas pelayanan dan makanan yang disajikan. Sarah juga bertanya kepada mereka, apa yang sebenarnya diinginkan dari McDonald's.

Sarah mengerti betul bahwa masalah utama yang dihadap oleh McDonald's karena mereka tidak terlalu baik dalam mendengar apa yang diinginkan pelanggan.

Dengan membawa hasil saran para pelanggan, Sarah akhirnya memutuskan untuk memasukkan rasa lokal ke dalam menu McDonald's. Salah satu yang paling terkenal adalah Yakki Burger yang menggunakan jahe di dalam campurannya  serta kentang goreng yang diberi saus cokelat. Bahkan untuk semakin dekat dengan apa yang pelanggan cari, McDonald's juga melakukan kerja  sama untuk menggunakan karakter Pokemon dalam produk mereka.

Untuk memastikan keamanan dari produk makanan yang mereka jual, McDonald's juga mengenalkan kepada para orang tua bahwa mereka bisa melacak asal bahan baku untuk membuat makanan yang dikonsumsi.

Keputusan Sarah untuk mendekati para Ibu adalah hal yang sangat tepat. Di dalam sebuah keluarga, Ibu adalah  orang yang biasanya menentukan apa yang akan dikonsumsi oleh keluarga mereka. Dengan menemui para Ibu, Sarah juga mendapatkan sebuah temuan yang menarik. Ternyata, para Ibu ini hanya ingin bahwa apa yang dikonsumsi oleh keluarga mereka jelas asal usul serta keamanannya.

Semenjak  itu, McDonald's memperbarui situs mereka yang bisa melacak asal dari bahan baku produk serta menambahkan sebuah QR Code pada kemasan makanan yang bisa di scan oleh para konsumen guna mendapatkan informasi lengkap  dari produk yang dikonsumsi.

Semenjak saat itu, McDonnald's menjalankan strategi dari Sarah dimana mereka selalu bepergian keliling Jepang untuk mendapatkan bahan baku terbaik  dari setiap daerah. Dengan melakukan hal tersebut, McDonald's akhirnya menghasilkan beberapa menu unik dengan komoditas asli daerahnya seperti  McShakes dengan Hokaido Melon serta Kiwi dari Ehime.

McDonald's Jepang juga menjadi perusahaan pertama yang bermitra langsung pada saat Pokemon Go sedang  sangat populer dimana McDonald's menjadi Pokestop yang bisa diakses oleh  para pemain. 

Kerja sama semacam ini juga berlanjut ketika McDonald's berkolaborasi dengan merek yang sudah sangat terkemuka dan dipercaya oleh masyarakat Jepang yaitu Morinaga & Co. untuk membuat McFlurry dengan rasa milk caramel.

Pemanfaatan merek dan produk lokal serta kepedulian McDonald's untuk mendengarkan  apa yang diinginkan oleh pelanggan adalah kunci keberhasilan yang dilahirkan oleh Sarah sehingga berhasil membawa McDonald's mencatatkan keuntungan yang sangat besar pada pertengahan tahun ini.


Like it? Share with your friends!

1
2 shares, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend