Image Credit:japantimes
Restoran cepat saji asal Amerika, McDonald sudah sejak lama meninggalkan jejaknya di berbagai negara. Yang unik dari restoran berlogo ‘M’ berwarna kuning ini adalah menunya yang memiliki ciri khas setiap negara dimana cabangnya berdiri.
Di Jepang, McDonald bisa dikategorikan sebagai salah satu restoran cepat saji yang paling terkenal. Menunya yang selalu unik dan hadir di setiap musim telah berhasil membuat restoran ini memiliki penggemarnya setia.
Tetapi, sebelum seperti sekarang, McDonald di Jepang ternyata mengalami masalah yang sangat memperngaruhi bisnis mereka. Puncaknya pada tahun 2014, McDonald Jepang mengalami beberapa skandal seperti; daging supplier yang kadaluarsa, ditemukan sebuah gigi di dalam kentang goreng, serta kecelakaan pada anak kecil karena pecahan plastik yang tercampur di dalam es krim sundae mereka.
Kejadian ini bahkan menyebabkan penjualan McDonald menjadi yang paling rendah semenjak perusahaan tersebut Go-Public di tahun 2001. Bahkan McDonald Corp. yang berada di Amerika memutuskan untuk menjual 49.9% saham mereka kepada perusahaan Jepang lain untuk menutupi kerugian yang ditimbulkan termasuk dari banyaknya cabang yang ditutup.
"Saya ingat saat itu sudah berpikir bahwa McDonald's sudah berakhir," begitu kata Ichiro Fujita, konsultan yang berperan untuk membawa merek restoran asing ke dalam Jepang. "Banyak orang berkata bahwa mungkin mereka (McDonald's) harus mengganti nama karena citranya yang sudah sangat buruk."
Tetapi, Sarah Casanova yang akhirnya mengambil alih McDonald's Holding Co. Japan di tahun 2014 tidak sependapat dengan hal tersebut. Sarah memutuskan untuk berkunjung ke-47 prefektur untuk menyampaikan kepada para pelanggan terutama ibu-ibu bahwa perusahaan tersebut sedang menerapkan dan meingkatkan keamanan atas pelayanan dan makanan yang disajikan. Sarah juga bertanya kepada mereka, apa yang sebenarnya diinginkan dari McDonald's.
Sarah mengerti betul bahwa masalah utama yang dihadap oleh McDonald's karena mereka tidak terlalu baik dalam mendengar apa yang diinginkan pelanggan.
Dengan membawa hasil saran para pelanggan, Sarah akhirnya memutuskan untuk memasukkan rasa lokal ke dalam menu McDonald's. Salah satu yang paling terkenal adalah Yakki Burger yang menggunakan jahe di dalam campurannya serta kentang goreng yang diberi saus cokelat. Bahkan untuk semakin dekat dengan apa yang pelanggan cari, McDonald's juga melakukan kerja sama untuk menggunakan karakter Pokemon dalam produk mereka.
Untuk memastikan keamanan dari produk makanan yang mereka jual, McDonald's juga mengenalkan kepada para orang tua bahwa mereka bisa melacak asal bahan baku untuk membuat makanan yang dikonsumsi.
Keputusan Sarah untuk mendekati para Ibu adalah hal yang sangat tepat. Di dalam sebuah keluarga, Ibu adalah orang yang biasanya menentukan apa yang akan dikonsumsi oleh keluarga mereka. Dengan menemui para Ibu, Sarah juga mendapatkan sebuah temuan yang menarik. Ternyata, para Ibu ini hanya ingin bahwa apa yang dikonsumsi oleh keluarga mereka jelas asal usul serta keamanannya.
Semenjak itu, McDonald's memperbarui situs mereka yang bisa melacak asal dari bahan baku produk serta menambahkan sebuah QR Code pada kemasan makanan yang bisa di scan oleh para konsumen guna mendapatkan informasi lengkap dari produk yang dikonsumsi.
Semenjak saat itu, McDonnald's menjalankan strategi dari Sarah dimana mereka selalu bepergian keliling Jepang untuk mendapatkan bahan baku terbaik dari setiap daerah. Dengan melakukan hal tersebut, McDonald's akhirnya menghasilkan beberapa menu unik dengan komoditas asli daerahnya seperti McShakes dengan Hokaido Melon serta Kiwi dari Ehime.
McDonald's Jepang juga menjadi perusahaan pertama yang bermitra langsung pada saat Pokemon Go sedang sangat populer dimana McDonald's menjadi Pokestop yang bisa diakses oleh para pemain.
Kerja sama semacam ini juga berlanjut ketika McDonald's berkolaborasi dengan merek yang sudah sangat terkemuka dan dipercaya oleh masyarakat Jepang yaitu Morinaga & Co. untuk membuat McFlurry dengan rasa milk caramel.
Pemanfaatan merek dan produk lokal serta kepedulian McDonald's untuk mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggan adalah kunci keberhasilan yang dilahirkan oleh Sarah sehingga berhasil membawa McDonald's mencatatkan keuntungan yang sangat besar pada pertengahan tahun ini.
0 Comments