Pilih Mana, Restoran Murah atau Instagramable?

Mengapa tawaran harga murah saja sudah tak cukup untuk menarik minat millennials agar datang ke sebuah restoran?


“Foto dulu sebelum makan” adalah fenomena baru yang awam kita temui di restoran dan rumah makan dewasa ini. Selain selfie, pengguna smartphone juga gemar memotret dekorasi restoran dan tentunya makanan yang mereka pesan.

Kebiasaan ini ternyata memiliki dampak buruk yang berakibat pada matinya beberapa bisnis restoran, terutama restoran cepat saji atau waralaba. Sebelum era smartphone dan media sosial menjadi bagian yang sangat lekat dengan generasi saat ini, diskon atau penawaran khusus adalah cara paling mudah untuk mendapatkan pelanggan.

Asumsi bahwa anak muda pasti menyukai tempat makan yang murah saat ini sudah harus mulai ditinggalkan. Generasi Millennials lebih memilih mendapatkan penawaran yang menarik dan sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan, daripada sekadar murah.

Masih bingung? Mari kita coba menempatkan diri menjadi generasi Millennials. Jika kita ingin mencari tempat makan yang bisa menjadi tempat hang out dan ngobrol dengan teman, tempat seperti apa yang akan kita pilih?

Pastinya bukan restoran waralaba yang masih bertahan dengan desain interior dan suasananya standar. Alih-alih sekadar tempat makan, mereka pasti akan mencari kafe lokal atau tempat makan unik dan harus ‘instagramable.’

Kebiasaan baru di dunia kuliner

Ditelisik dari Instagram, empat besar hashtag yang paling banyak digunakan secara global adalah #foodporn, #food, #foodie, dan #ilovefood. Jika menelusuri hashtag tersebut sebentar saja, pasti kita akan menemukan foto-foto yang berasal dari restoran yang fancy atau makanan yang sangat menarik.

Aria-Sulitnya-Bisnis-Kuliner-Karena-Millennials-dan-Instagram-2.png

Kebiasaan yang juga menarik dari generasi millennials adalah kecenderungan mereka untuk hidup sehat. Mereka tidak akan segan-segan mencari restoran atau kafe yang bisa memenuhi hasrat mereka untuk lebih sehat. Coba gunakan hashtag #veganfood, #fitnessfood, #foodstylist, dan #fooddiary dalam pencarian dan akan kita temukan bukti betapa perdulinya mereka terhadap gaya hidup sehat.

Konsumen yang dikuasai oleh generasi Millennials saat ini lebih memilih untuk mendapatkan pengalaman dibanding sekadar harga yang murah. Foto yang menggambarkan pengalaman tersebut berperan sangat penting dalam hal ini.

Jadi, selain demi memenuhi kebutuhan perut kami semua, mungkin ada baiknya para pemilk restoran dan kafe agar memikirkan pengalaman dan suasana yang lebih mengundang untuk masuk ke dalam Instagram.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
4
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend