Perhatikan Hal Ini Agar Tim Tetap Produktif Saat Virtual Meeting

Perhatikan Hal Ini Agar Tim Tetap Produktif Saat Virtual Meeting


1
Share via
1 point

Selama masa pandemi tentunya hampir seluruh pekerja kantoran memindahkan aktivitas kantornya ke rumah atau yang kita sebut Work From Home, termasuk dengan aktivitas meeting bersama tim atau klien. Namun adanya virtual meeting seringkali menimbulkan kesalahpahaman, baik tentang pembagian tugas, tidak luwes untuk berpendapat atau problem lainnya. Berikut hal-hal yang harus disiapkan agar saat virtual meeting dengan tim tetap produktif:

  1. 1 Pastikan koneksi internet memadai

    Salah satu komponen utama yang mendukung lancarnya virtual meeting adalah jaringan koneksi yang memadai. Seringkali terjadi kesalahpahaman atau tertinggal informasi karena pada saat orang lain menyampaikan atau sebaliknya tidak mendengar pesan secara utuh, hasilnya informasi yang diterima atau disampaikan menjadi tidak lengkap.

  2. 2 Memberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat

    Jika kamu seorang pemimpin dari virtual meeting tersebut maka lakukanlah komunikasi dua arah, artinya berikan peserta meeting lain kesempatan menyampaikan pendapat, memberi masukan atau mengutarakan beberapa ide saat meeting berlangsung. Jika dalam meeting hanya ada satu orang yang berbicara (komunikasi satu arah) maka hal tersebut tidak akan efektif karena sama halnya dengan sesi memberi pengumuman.

  3. 3 Membuat agenda dan topik yang jelas (berlandaskan tujuan)

    Jika tim akan melakukan sebuah virtual meeting maka sebaiknya jangan dilakukan secara tiba-tiba, melainkan butuh persiapan khusus. Atur jadwal yang telah disepakati bersama, sertakan maksud dan tujuan diadakan meeting tersebut agar semua peserta bisa menyiapkan bahan untuk didiskusikan sesuai tema meeting.

  4. 4 Rekap bahasan penting sebelum meeting selesai

    Penting untuk menyampaikan poin-poin penting hasil dari meeting, tujuannya adalah menyamakan persepsi, mengingatkan apa yang sudah dan akan dilakukan, serta meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. 

    Jika sudah melakukan persiapan seperti diatas dengan baik maka kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sangatlah kecil. Tetap produktif bekerja walau masih di tengah keadaan pandemi ya YooReaders!


Like it? Share with your friends!

1
Share via
1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend