New Normal selalu membawa hal baru di setiap aktivitas, banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang membuat aturan baru untuk melangsungkan proses bisnisnya. Aturan baru tersebut dibuat untuk tetap menjaga kesehatan dari pelanggan dan pihak perusahaan. Berikut hal yang perlu dilakukan perusahaan dalam prosedur new normal, terlebih bagi perusahaan yang membuka fasilitas untuk umum seperti restoran, tempat fitness, cafe dan lainnya:
-
Informasikan aturan baru kepada pelanggan terlebih dahulu
Perusahaan bisa menyampaikan aturan baru perusahaan melalui sosial media, website perusahaan dan pemasangan pamflet langsung di lokasi usaha. Informasikan aturan yang harus dipatuhi seperti penggunaan protokol kesehatan sebagaimana mestinya seperti menggunakan masker, cuci tangan sebelum masuk ke lokasi, sistem cashless, ataupun batasan waktu kunjungan dari setiap pelanggan.
-
Menyiapkan karyawan
Pastikan karyawan telah memahami seluruh prosedur atau aturan baru yang berlaku di perusahaan. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mensosialisasikan dengan baik kepada pelanggan jika ada pelanggan yang bertanya seputar aturan dan belum mematuhi aturan tersebut.
-
Memiliki rencana cadangan dan bersikap tegas pada pelanggan
Jika ada customer yang tidak mengindahkan prosedur atau aturan baru yang telah ditetapkan padahal telah diinformasikan lebih dulu maka perusahaan harus bisa mengambil keputusan dengan tegas dan sopan. Perusahaan berhak untuk menegur dan memberikan penawaran lain sebagai alternatif solusi yang baik untuk dua belah pihak. Hal tersebut perlu dilakukan agar prosedur berjalan sesuai dengan kesepakatan di awal.
Menjalani aktivitas di New Normal memang bukan sesuatu yang mudah untuk beberapa individu, namun bukan berarti hal itu sulit untuk dilakukan. Segala perubahan hanya perlu diterima dan diimplementasikan dengan baik sebagaimana mestinya.
–