Influencer, Selebritis Generasi Baru Penggerak Bisnis

Influencer tidak hanya menjadi panutan tetapi bisa juga mengubah pendapat seseorang terhadap produk


Perkembangan fasilitas internet yang semakin baik membuat banyak orang bisa menunjukkan kreatifitasnya melalui media sosial. Pemanfaatan sosial media ini juga memunculkan para influencer yang berasal dar blog, instagram, twitter, hingga youtube. Influencer sendiri lebih umum dikenal sebagai selebritis media sosial yang bisa memberikan pengaruh kepada anak muda, bisa Vlogger, selebgram, atau bahkan public figure.

Pengaruh dari para influencer ini ternyata tidak bisa dianggap remeh dalam dunia bisnis. Menurut data terbaru yang dirilis oleh twitter, terbukti  bahwa 40% pengguna mereka akan membeli sebuah produk ketika influencer  yang mereka ikuti melakukan twit atas sebuah produk.

Para pelaku e-commerce ternyata tidak melewatkan kesempatan ini. Mereka sudah mulai menggunakan para influencer untuk meningkatkan nilai merek. Para influencer ini dinilai bisa meningkatkan  kepercayaan dari konsumen terhadap suatu merek sekaligus membangun komunikasi diantara pengguna media sosial. Secara tidak langsung, para influencer telah menjelma menjadi bentuk nyata bukti sosial yang memiliki dampak cukup besardi masyarakat.


Pilih Influencer Yang Sesuai

Penggunaan Influencer ternyata tidak  bisa sembarangan, hanya karena terkenal bukan berarti kita harus bekerja  sama dengannya. Perusahaan harus menentukan target pasar mereka dan memilih influencer yang sekiranya memiliki citra yang sesuai dengan produk serta target pasar dari influencer itu sendiri. 

Untuk mendapatkan influencer yang tepat, saat ini telah tersedia berbagai  macam tools yang bisa digunakan. Kita tidak perlu lagi berselancar ke berbagai media sosial hanya untuk mencari influencer yang bahkan bisa saja  tidak tepat sasaran.

Ada beberapa alat yang biasa digunakan oleh merek terkenal dunia yaitu HYPR dan NeoReach. Sedangkan untuk pasar Indonesia, kalian bisa menggunakan SocioBuzz, Goviral, atau StarNgage. Melalui alat tersebut, kalian bisa menentukan influencer yang sesuai dengan demografi target pasar, serta melakukan pengelolaan dengan mudah melalui alat yang disediakan langsung.

Tunjukkan Konten Influencer Sebagai Bukti Sosial

Sebuah konten yang dibuat oleh influencer bisa membantu untuk menggiring pendapat dan ketertarikan para pengguna media sosial. Kita dapat memaksimalkan penggunaan konten sang influencer dengan memasangnya pada halaman produk. Dengan melakukan hal ini, secara tidak langsung telah membuat sebuah konten menjadi bukti sosial yang bisa meningkatkan merek sebuah perusahaan.

Berdasarkan penelitian yang ada, konsumen akan membeli sebuah produk setelah mereka melihat foto yang berhubungan dengan produk tersebut di posting oleh pelanggan lain. Bahkan kemungkinan sesorang akan membeli produk semakin tinggi jika produk tersebut di endorse atau dipromosikan oleh orang yang  betul-betul  menggunakan produk tersebut.

Selain itu, sebuah promosi berupa user generated content yang paling baik haruslah berupa foto. Artinya, sebuah foto yang memanjakan mata dengan mengedepankan estetika serta kualitas layaknya seorang profesional buatan dari sang influencer adalah bentuk paling sempurna untuk meningkatkan nilai sebuah merek.

Hubungkan Produk Dengan Influencer

Pengaruh dari inlfluencer yang bekejerja sama tentu harus dimanfaatkan juga untuk meningkatkan traffic ke situs produk atau perusahaan. Pastikan ketika mereka mempromosikan sebuah produk, harus ada link yang mengarah ke situs perusahaan atau produk yang juga disematkan pada konten.

Hal ini tentu mudah jika dilakukan melalui blog atau Youtube bahkan twitter. Tetapi akan berbeda caranya jika dilakukan oleh para selebgram. Masalahnya jika kita menggunakan instagram, kita hanya bisa menyematkan  satu buah link saja dan itupun berada di bio user.

Dibandingkan harus mengganti link untuk setiap produk yang dipromosikan oleh influencer, lebih baik pilihlah satu produk yang paling cocok dengan influencer dan arahkan link yang disematkan pada bio ke pada halaman produk tersebut agar terkesan unik dan lebih personal. 

Intinya, semua cara-cara ini menitik beratkan promosi melalui influencer dengan cara meningkatkan kepercayaan yang dibangun antara influencer dan followers-nya. Jadi pastikan untuk memilih influencer yang tepat dengan target pasar perusahaan atau produkmu. 

Kreatifitas yang dihasilkan para influencer ini tidak bisa dianggap sepele. Pengaruh mereka terhadap generasi muda saat ini bahkan menghasilkan dampak yang lebih besar dibandingkan selebritis biasa. Jadi, mungkin ini saatnya kalian mulai memikirkan untuk menggunakan para influencer sebagai media promosi atau bahkan mulai berkarya agar bisa menjadi panutan bagi anak muda lainnya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend