Google Dukung Developers Kembangkan Game Berbasis Google Maps Secara Terbuka

Game seperti Pokemon Go akan semakin populer dan beragam nantinya


Sumber Gambar: Pokemon Go


Beberapa waktu yang lalu, kita semua sempat dihebohkan dengan kehadiran Pokemon Go. Saking hebohnya, banyak orang sering berjalan-jalan tanpa arah hanya demi menemukan pokemon langka. Pokemon Go menjadi populer karena memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) yang digabungkan dengan peta lokasi secara nyata.

Sejak itu, game lain yang menggunakan teknologi serupa seperti The Waling Dead hingga Jurassic World pun bermunculan. Seluruh game ini menggunakan Google Maps dalam pembuatannya. Melihat perkembangan ini, Google akhirnya membuka platform peta digital milikinya agar bisa digunakan oleh semua developer game orang. 

Hal ini dilakukan oleh Google dengan harapan agar banyak game yang lebih kreatif dan memanfaatkan pemetaan mereka muncul dan bisa dinikmati secara umum. 

Menurut Google, platform peta yang dibuka untuk umum ini akan dibagi menjadi tiga bagian utama. Yang pertama adalah akses para developer untuk bisa menggunakan Google Maps secara real-time. Selanjutnya untuk menunjang hal ini, Google merilis sebuah alat pengembangan software untuk Unity, salah satu engine game paling poluler saat ini. Menurut Product Manager Google, Clementine Jacoby, software tersebut akan mengerjakan semua beban berat yang ada ketika menggunakan Google Maps sehingga tidak diperlukan seorang spesialis hanya untuk mengerjakannya bagian peta.

Terakhir, Google juga memperkenalkan sebuah API baru yang membuat para developer bisa menghadirkan pengalaman dunia nyata pada game yang mereka buat. Clementine juga berkata bahwa Google bekerja sama dengan para developer terutama untuk mengembangkan aspek tersebut. Tujuannya untuk membantu mereka menghadirkan sebuah tempat yang cocok, unik dan menyenangkan untuk bermain dimanapun kita berapa di dunia ini.

Dengan semakin terbukanya kemungkinan untuk para developer mengembangkan game berdasarkan lokasi yang nyata, harapanya kita akan memainkan game yang semakin menarik dan beragam. Siapa tahu nantinya tidak hanya pokemon yang muncul secara nyata di layar smartphone tetapi bangunan disekitar kita juga akan berubah menyesuaikan fantasi pada game tersebut.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend