Alasan Desain Kantor Terbuka Berpengaruh Buruk

Desain kantor dengan konsep terbuka memang terlihat keren, tapi apakah desain ini membawa hal yang baik?


0
Share via
1 share

Bentuk dekorasi kantor yang menggunakan tema open-plan-office saat ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Walaupun kelihatan menarik, tetapi ternyata bentuk kantor seperti ini terbukti menurut inc. (7/6/2017) membuat karyawan kurang produktif.

Mengikuti Tren

Perusahaan yang menggunakan desain open-plan-office saat ini biasanya hanya mengikuti tren yang muncul baik di media atau pun dari konsultan bisnis. Mereka menganggap bahwa dengan menggunakan desain ini akan membuat karyawan memiliki kesan mudah berkolaborasi serta terlihat lebih modern dan keren.

Kesan Tergabung Tanpa Batasan

Tren ruang kantor terbuka juga menjanjikan bahwa akan lebih mudah untuk mengatur karyawan karena dapat menumbuhkan keinginan untuk saling berkolaborasi satu sama lain dengan sendirinya.

Muncul kesan yang menandakan bahwa manajemen ‘malas’ mengatur orang, karena dengan menyatukan karyawan di ruangan tanpa sekat, seorang manajer tidak perlu lagi mengatur dan mereka akan saling tolong menolong dan mengarah ke  tujuan yang sama.

Aria-Alasan-Desain-Kantor-Terbuka-Berpengaruh-Buruk-2.jpg

Untuk Dipamerkan

Bentuk dekorasi kantor yang konvensional tentunya tidak menarik untuk dilihat, siapa sih yang ingin melihat gang sempit di antara cubicle karyawan. Manajemen bisa mengundang videographer atau media untuk meliput kantor mereka yang keren dan berorientasi masa depan dengan dekorasi open-plan-office.

Collaboration-Office-Furniture-Lounge-3-1.jpg

Image Credit:http://regalmark.net/

Perbedaan Privasi

Kantor berdesain open-office seharusnya menghadirkan suasana kerjasama yang kuat. Tetapi pernah kah kalian sadar ketika kantor menggunakan desain open-plan-office, biasanya atasan mereka tetap memiliki ruangan khusus di pojok. Hal ini terasa aneh karena seakan-akan atasan mereka tidak ingin bergabung untuk berkolaborasi dan berdiskusi dengan bawahan mereka demi memajukan perusahaan. 

Kecurigaan

Konsep open-plan-office sebenarnya bisa dianggap mempermudah atasan untuk melihat kinerja karyawan mereka. Tetapi hal ini kadang sering disalahartikan dan dianggap mencurigai karyawan sehingga dapat menimbulkan gosip di dalam kantor.

Keadaan kurang kondusif yang muncul dikarenakan kantor dengan ruangan terbuka ternyata cukup berpengaruh dengan kinerja karyawan. Kurangnya privasi membuat mereka sulit berkonsentrasi dalam hal analisis dan pemikiran kreatif. Sayangnya para eksekutif banyak yang tidak ingin meninjau kembali rencana mereka mengenai rencana desain ini karena tidak ingin disalahkan.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
1 share

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend