Image Credit: twitter.com/bukalapak/
Di era perkembangan digital yang sangat cepat ini, kalian pasti cukup familiar dengan istilah belanja online. Berbagai kebutuhan dapat terpenuhi hanya dengan beberapa klik pada situs e-commerce. Di antara banyaknya situs e-commerce, ada satu buah toko online yang identik dengan warna merah marun serta iklan yang cukup ‘nyeleneh,’ bahkan mendengar namanya saja akan membuat kita menggaruk kepala, yap! Apalagi kalau bukan Bukalapak.
Bukalapak saat ini telah menjadi salah satu e-commerce yang cukup dikenal dan diandalkan oleh masyarakat di Indonesia. Tetapi sebelum seperti sekarang ini, kita perlu mengetahui lebih lanjut sebenarnya siapa sih figur di balik kesuksesannya.
Achmad Zaky, lahir tanggal 24 Agustus 1986 di Sragen, Jawa tengah. Figur di balik kesuksesan Bukalapak ini ternyata memang dikenal sudah memiliki minat terhadap dunia teknologi informatika sejak masih duduk di sekolah dasar.
Prestasi Achmad Zaky yang membanggakan sudah dimulai semenjak SMA. Dalam Olimpiade Sains Tingkat Nasional (OSN) bidang komputer, dirinya telah berhasil membawa pulang titel Juara Nasinonal.
Image Credit: wikimedia
Minatnya terhadap dunia teknologi informatika yang dibarengi dengan kecerdasan berhasil membawanya untuk menjadi mahasiswa ITB. Prestasinya pun terus berlanjut, di masa kuliah dia berhasil membawa Juara II pada ajang Indosat Wireless Inovation Contest, mendapatkan Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Award), mendapatkan kesempatan untuk belajar di Oregon State University dengan beasiswa dari pemerintah Amerika, bahkan dia juga berhasil untuk menjadi perwakilan ITB di Harvard National Model United Nations.
Sebelum membuat bisnis di bidang e-commerce, Achmad Zaky telah memulai bisnis di bidang konsultasi IT. Yang menarik, dia juga sempat menjadi orang yang berjasa untuk membuat software penghitungan cepat (quick qount) untuk sebuah stasiun swasta. Kecintaannya dalam dunia teknik informatika dan keinginannya untuk bisa memberikan manfaat kepada orang banyak, membuat dirinya memutuskan untuk menciptakan e-commerce. Melalui Bukalapak, dia berharap agar seluruh masyarakat Indonesia yang ingin menjadi wirausaha mendapatkan jalan dan fasilitas yang lebih mudah. Apalagi, Bukalapak tidak pernah mengenakan biaya untuk mereka yang ingin mengakses, membeli ataupun berjualan di situs mereka.
Perkembangan Bukalapak yang sangat cepat ini membuat Achmad Zaky pernah masuk ke dalam daftar 10 Technopreneur Under 30th yang berpengaruh di Asia.
0 Comments