Sebuah perusahaan akan mencari dan merekrut calon pegawai dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan visi misi perusahaan. Saat ini pintar secara akademis bukan menjadi jaminan untuk dapat diterima di perusahaan, karena perusahaan akan berusaha mencari kandidat yang tepat dengan kemampuan skill dan pengetahuan yang sesuai dengan visi misi perusahaan. Kira-kira skill apa yang dibutuhkan agar perusahaan dapat menerima kiat sebagai calon pegawainya:
-
1 Complex Problem Solving
Perusahaan membutuhkan karyawan yang bersifat solutif, aktif menanggapi dan memberi saran yang relevan dalam diskusi, serta mampu menyelesaikan permasalahan dengan tepat dan mandiri sesuai dengan porsi dari kedudukannya.
-
2 Critical Thinking
Dibutuhkan seseorang yang mampu berpikir dan menganalisa masalah secara tepat dan cepat, sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang efektif untuk sebuah persoalan.
-
3 People Management
Dalam sebuah perusahaan tentunya tidak akan berhasil jika dilakukan secara individual, maka dari itu dibutuhkan skill people management agar bisa mengelola sebuah tim untuk mencapai tujuan perusahaan. Karena dalam membangun sebuah tim yang solid dibutuhkan hubungan yang harmonis antar anggota tim.
-
4 Emotional Intelligence
Seorang individu dalam sebuah perusahaan harus dapat mengontrol emosi baik emosi dirinya sendiri dan emosi orang lain. Artinya, kita harus lebih dulu pandai mengendalikan emosi diri sendiri jika ingin bisa mengendalikan emosi orang lain.
-
5 Agility
Perusahaan membutuhkan individu yang mampu berpikir dan beradaptasi dengan cepat terhadap suatu situasi dan kondisi. Artinya, diharapkan orang yang memiliki skill tersebut bisa membawa perubahan ke arah positif dengan cepat.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pintar secara akademis belum tentu memenuhi dapat langsung diterima di perusahaan, namun seseorang yang pintar dalam akademis dan diimbangi oleh kelima skill diatas bisa jadi adalah orang yang dicari oleh perusahaan.
0 Comments