Yuk Ketahui Asal-Usul Ketupat Makanan Khas Lebaran Ini!

Makanan yang terbuat dari anyaman daun kelapa yang diisi beras ini memang terlihat sederhana. Tetapi menjadi hal yang paling dicari saat lebaran.


Sumber Gambar: POPBELA.com


Ketupat adalah salah satu makanan wajib disaat lebaran. Setiap merayakan Hari Raya Idul Fitri, pasti ketupat selalu ada di setiap hidangan di rumah-rumah. Makanan yang terbuat dari anyaman daun kelapa yang diisi beras ini memang terlihat sederhana. Tetapi menjadi hal yang paling dicari saat lebaran. 

Sebenarnya bagaimana sih asal usul ketupat hingga dijadikan makanan khas lebaran? Ketupat diperkenalkan saat Islam masuk ke Pulau Jawa. Sunan Kalijaga adalah orang yang diperkirakan memperkenalkan Ketupat pada masyarakat Jawa. Beliau membudidayakan dua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat.

IDN Times

Bakda Kupat dimulai seminggu setelah lebaran. Pada hari Bakda Kupat, di tanah Jawa waktu itu hampir di setiap rumah terlihat ketupat dari daun kelapa muda. Setelah selesai dimasak, ketupat langsung diantarkan ke kerabat yang lebih tua, yang menajdi lambang kebersamaan. Menurut ahli, Ketupat memiliki beberapa makna yaitu:

  • Dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia.
  • Ketika dibuka akhirnya akan terlihat nasi putih dimana mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah memohon ampunan dari segala kesalahan.
  • Dari bentuknya, Ketupat mencerminkan kesempurnaan jika dilihat dari bentuknya. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri.
  • Karena biasanya Ketupat dihidangankan dengan lauk yang bersantan, dalam pantun Jawa ada yang bilang "Kupat Santen" kula nyuwun nganpunten  yang artinya Saya salah mohon maaf.
  • Dan penggunaan janur sebagai kemasan pun memiliki makna yaitu dalam bahasa Arab dari kata "jaa a al-nur" yang artinya 'telah datang cahaya'. Sedangkan masyarakat Jawa mengartikan janur dengan "sejatine nur" yang artinya cahaya. Dalam arti yang lebih luas berarti keadaan suci manusia setelah mendapatkan pencerahan cahaya salama bulan Ramadhan.

Nah itu dia asal usul makanan yang selalu ada setiap lebaran yooreaders. Tetapi di setiap negara memiliki makanan khas berbeda saat lebaran, untuk khususnya Indonesia pastinya Ketupat adalah makanan wajib disetiap rumah. Setelah mengetahui asal-usulnya, sekarang kamu sudah tahu kan makna dibalik makanan khas itu. Ternyata tidak sembarangan lho..


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend