Tips Traveling Tanpa Bagasi

Ikuti tips ini agar perjalananmu lebih mudah.


Sejak awal tahun 2019, beberapa penerbangan di Indonesia telah menerapkan ketentuan bagasi berbayar. Yang dulunya bagasi gratis hingga 20kg sekarang hampir semua penerbangan mengharuskan pelanggan untuk membayar bagasi yang dibawa. Untuk barang yang dibawa ke kabin, aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan diperbolehkan membawa bagasi kabin dengan berat maksimum 7 kg dan satu barang pribadi. Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin ialah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Dengan adanya ketentuan ini para pelanggan yang terbiasa traveling dengan membawa koper dengan cukup banyak barang, sekarang harus meminimalisir bawaan dengan hanya 7kg perorang. Lalu bagaimana mengatasi bawaan yang banyak tetapi hanya dalam satu tas? Yuk simak tips ini yooreaders..

1. Rencanakan Strategi

Pilih tas yang tepat. Pilihlah tas yang bisa memuat banyak barangmu, kamu bisa memilih tas ransel atau tas jinjing. Pastikan juga tas kamu cukup kuat untuk menampung banyaknya barang, jangan sampai tasmu rusak ditengah jalan karena dipaksa memuat banyak barang.

Lalu ketahuilah kebijakan maskapai yang akan kamu gunakan. Kamu harus mengetahui berapa batasan ukuran dan berat untuk maskapai tersebut karena setiap maskapai memiliki ketentuan berbeda.

Pilih pakaian yang memang akan dipakai dikota yang akan kamu tuju. pikirkan bagaimana cuaca dan iklim disana. Bawa yang hanya kamu butuhkan, agar lebih yakin kamu bisa mencoba beberapa potong pakaian dirumah kalau kamu sudah yakin maka bawalah. Minimalisir terlalu banyak membawa pakaian yang akhirnya tidak akan terpakai. Bawalah pakaian yang tidak mudah kusut karena kamu akan sulit menemukan setrika ditempat tujuanmu nanti.

2. Cara Mengemas

Mulailah dengan barang yang sangat penting. Seperti  paspor, dokumen perjalanan, KTP, kamera, obat-obatan, laptop, charger, dll.

Gulung, jangan dilipat. Menggulung pakaianmu bisa meminilisir ruang yang ada di tasmu dan bisa mengurangi kerutan. Lalu gunakan semua ruang kosong untuk memaksimalkan kapasitas pengemasanmu. Jika tasmu memiliki kantong maka manfaatkanlah dengan mengisi barang yang mungkin perlu diakses dengan mudah. Kurangi pembawaan alat mandi. Kamu bisa membelinya dikota tujuanmu, maka kamu akan sedikit meminimalisir bawaan.

Nah itu dia beberapa tips untuk meminimalisir bawaan dan mengoptimalkan tas yang akan kamu bawa. Semoga dengan tips ini berguna untuk perjalananmu ya yooreaders!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend