Stan Lee, Super Hero Dunia Nyata Dan Segala Warisannya

Bapak super hero Marvel akhirnya berpulang


0
Share via
8 shares

Sumber Gambar: Twitter @therealstanlee


Sebuah berita duka datang dari 'Bapak' para karakter Marvel, Stan Lee. Diberitakan bahwa Stan Lee meninggal dunia di usia 95 tahun pada tanggal 12 November 2018 waktu setempat. Walaupun dia memang sudah lama mengidap penyakit berat, tapi berita kematiannya bisa dibilang mengejutkan.

Selama masa hidupnya, Stan Lee telah berperan sebagai penulis, editor, sekaligus publisher untuk Marvel sejak dulu. Dia juga dikenal sebagai creator dan co-creator untuk beberapa karakter penting Marvel seperti Black Panther, Spider-Man, the X-Men, The Mighty Thor, Iron Man, Fantastic Four, The Incredible Hulk, Daredevil hingga Ant-Man. Sebuah ciri yang juga diwariskan oleh Stan Lee adalah bagaimana dia memberikan sisi humanis dalam karakternya.

Dulu, komik hanyalah kisah seseorang yang memiliki super power dan membasmi kejahatan. Tetapi semua berubah ketika Stan Lee memberikan sisi lain dari sang karakter. Misalnya saja, bagaimana kisah Peter Parker yang pusing karena masalah ketombe atau masalah cintanya yang sering berbenturan dengan Spider-man. Sentuhan ini membuat karakter Marvel memiliki hubungan psikologis dengan para pembacanya karena sakan-akan mengalami masalah yang sama.

The Marvel Method

Setiap akan membuat sebuah cerita, Stan Lee akan mengajak para seniman untuk berdiskusi mengenai cerita dan sinopsisnya. Setelah itu, mereka akan mengerjakan ilustrasi komik tapi balon dialog yang ada belum akan diisi. Selanjutnya, Stan Lee akan mengisi kata-kata atau kalimat pada balon dialog, kebiasaan inilah yang dikenal sebagai The Marvel Method. 

Dalam penciptaan karakter, Stan Lee telah mengajak banyak seniman untuk berkolaborasi seperti Lance Kirby dalam pembuatan Fantastic Four, Hulk, hingga Iron Man. Lalu dia juga pernah bekerja sama dengan Steve Ditko dan melahirkan Spider-man serta Doctor Strange. Lucunya, kolaborasi ini malah menghadirkan masalah baru terutama saat perebutan hak cipta. Namun sayangnya, kepemilikian karakter memang tidak menjadi milik pribadi sang kreator sehingga agak sulit untuk menyelesaikan masalah seperti ini.

Excelsior

Stan Lee memiliki sebuah catchphrase yang unik dan terkenal hingga saat ini yaitu Excelsior. Kata Excelsior sendiri diambil dari bahasa latin yang memilki arti terus keatas atau terus maju. Awal mula dia menggunakan kata ini adalah untuk mengakhiri kolom komiknya sebagai penanda. Lucunya, Stan Lee sebenarnya pernah menggunakan beberapa kata lain sebagai penutup komiknya seperti Hang Loose, Face Front, bahkan ‘Nuff Said. Tapi semua kata ini terus ditiru oleh para pesaingnya. 

Akhirnya dia memikirkan sebuah kata yang keren, tidak diketahui bahkan susah untuk diucapkan dan dipilihkan kata Excelsior.

Bagaimanapun, Stan Lee telah meninggalkan banyak warisan yang luar biasa dalam kehidupan kita. Dia telah menjadi super hero dalam dunia nyata bagi banyak orang. Cameo-nya dalam film Marvel yang selalu ditunggu pasti akan sangat kita rindukan.

Selamat jalan Stan Lee, Excelsior!


Like it? Share with your friends!

0
Share via
8 shares

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
3
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend