Seberapa Penting Sih “Mental Health” Itu?

Masih banyak orang yang belum paham pentingnya mental health. Padahal penderita gangguan mental kerap menderita setiap hari sampai berani mengakhiri hidupnya.


Akhir-akhir ini mental health sedang menjadi sorotan di masyarakat. Sudah banyak kasus yang terbilang sangat fatal akibat gangguan mental. Beberapa waktu lalu, DC Comics juga merilis film yang membahas tentang gangguan mental dari tokoh utamanya. Sudah saatnya masyarakat lebih waspada dan sadar akan pentingnya kesehatan mental. Karena tidak jarang dari mereka yang merasa stres dan tertekan mencoba untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Terkadang orang-orang yang memiliki gangguan mental tidak terlihat bahwa dirinya benar-benar butuh pertolongan. Inilah tugas orang yang sehat untuk lebih peduli lagi dengan kerabat, keluarga, dan sahabat. 

Banyak faktor yang menyebabkan gangguan mental. Dikutip dari hellosehat.com, perempuan sangat berisiko terkena penyakit mental. Selain itu, gangguan mental juga seringkali terjadi pada remaja berusia 20-an. Hal yang memicu gangguan mental adalah stres berat, trauma, pernah mengalami kekerasan, faktor genetik, dan kondisi lingkungan yang kurang baik. Jika sedang merasa stres dengan berbagai hal yang sedang terjadi saat ini, seperti tugas sekolah, kerjaan di kantor, dan skripsi yang tidak kunjung usai cobalah untuk menceritakan masalah ini kepada orang-orang terdekat. Jangan takut terlihat lemah oleh orang sekitar karena keluhan-keluhan yang kamu ceritakan. Mintalah bantuan serta solusi agar bebanmu bisa berkurang dan mencegah gangguan mental.

Jika diantara kalian pernah mengalami kekerasan fisik, kekerasan verbal, dan kekerasan seksual dengan berbagai ancaman, cobalah untuk berani melapor kepada pihak berwajib atau kepada seseorang yang dapat dipercaya. Jangan takut untuk memberi tahu masalahmu. Karena jika dipendam sendiri, bisa jadi pelaku kekerasan akan lebih berani dan terus-menerus mengganggu. Hal seperti ini sangat jelas dapat menyerang kesehatan mental. Karena trauma akibat kekerasan sangat sulit untuk dilupakan. Jika korban kekerasan dibimbing dengan lingkungan yang sehat kemungkinan trauma akan hilang. Tetapi bagaimana kalau korban kekerasan tidak diberi arahan dan tidak dapat perlindungan dari lingkungannya? Hal ini jelas bisa menyerang kesehatan mentalnya dan korban akan terus menderita.

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita gangguan mental atau tidak, bisa dengan mudah terlihat jika tahu ciri-cirinya. Biasanya penderita cenderung menarik diri dari lingkungan sosialnya, sering merasa sedih dan cemas, kehilangan konsentrasi, suasana hati berubah-ubah, nafsu makan drastis naik atau turun, sering melamun, dan halusinasi serta delusi. Jika melihat seseorang yang memiliki ciri-ciri tersebut cobalah untuk bertanya bagaimana kabar dan kondisinya. Ajaklah bicara dan jadikan dirimu sebagai mentornya kemudian beri arahan serta solusi yang baik. Karena jika bukan kita yang peduli, akan berapa banyak lagi korban bunuh diri di dunia ini?

Sumber: NewsBeezer

Bulan oktober 2019 dunia dihebohkan dengan kematian salah satu aktris korea ternama, yakni Sulli. Ia diduga meninggal karena bunuh diri. Kejadian ini disebut-sebut karena Sulli tertekan akibat bully-an netizen sehingga mentalnya terganggu. Sebelum Sulli, masih banyak kasus-kasus bunuh diri yang diakibatkan oleh gangguan mental. Apakah kedepannya akan ada lagi Sulli-Sulli yang lainnya? Jawabannya adalah iya. Jika masyarakat masih banyak yang belum peduli pentingnya kesehatan mental, kejadian ini akan terus-menerus terjadi. Apa sulitnya untuk berbuat baik dan saling peduli? Jangan pernah sepelekan kesehatan mental dan jangan pula merendahkan korban penderita gangguan mental. Karena sekarang ini penderita kejiwaan sering dianggap sebagai orang gila, sehingga penderita malu untuk bercerita. Jadilah pribadi yang baik, karena segala perbuatan bisa berakibat baik ataupun buruk kepada orang lain. 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

messahendiani

Toddler

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend