Perbanyak Makan Buah Dan Sayur Agar Sehat Sekaligus Membuat Petani Sejahtera

Konsumsi buah dan sayur di Indonesia ternyata masih kecil dibandingkan dengan negara lain


0
Share via
2 shares

Ditulis oleh: Nuning Kristanti


Sebagai negara agrikultur, Indonesia terkenal dengan hasil panennya yang beragam. Mulai dari bahan makanan pokok, hingga buah-buahan eksotis bisa kita temukan di sini. Tetapi, walaupun Indonesia dianugerahi dengan kekayaan alam ini, tetapi masyarakat Indonesia ternyata masih tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Masyarakat Indoensia hanya memakan sayuran 91 gram (g) per hari per orang. Padahal jumlah standar kecukupan untuk sehat adalah mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 5 porsi perhari atau total 91,25 kilogram/kapita/tahun. Jika dibandingkan dengan orang Eropa yang mengonsumsi buah lebih dari 130 kg/kapita/tahun, Indonesia sangat jauh tertinggal. Rata-rata orang Indonesia belum memprioritaskan makan buah seperti makan nasi yang merupakan makanan pokok. Buah tak kalah pentingnya dengan nasi, bahkan sebenarnya lebih sehat. Kedaran masyarakat tentang pentingnya buah yang membuat kondisi kesehatan masyarakat Indonesia masuk dalam salah satu negara dengan pola makan tidak sehat.

Faktor diatas ternyata juga memiliki dampak yang cukup besar bagi para petani di Indonesia. Belum lagi ditambah faktor lain penyebab kesejahteraan petani yang jauh dari kata layak. Mulai dari masalah gagal panen, harga anjlok akibat panen raya karena terlalu banyak hasil, dan juga pendistribusian komoditas yang tidak merata. Inilah beberapa penyebab utama mengapa petani di Indonesia susah untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Mirisnya, Indonesia merupakan negara agraris namun angka impor sayur dan buah-buahan sangat sukar untuk ditekan. Kondisi ini sebenarnya permasalahan yang selalu berulang dari tahun ke tahun. Beberapa penyebab utamanya, masyarakat Indonesia masih menganggap harganya mahal sehingga mereka malas mengkonsumsi buah dan sayur. Selain itu, sedikitnya jumlah lahan untuk menanam buah menjadi hambatan tersendiri. Hingga saat ini, pengambangan varietas bibit unggul yang lebih tahan terhadap hama dan perubahan cuaca juga belum dilakukan secara serius. Akhirnya faktor-faktor ini menyebabkan produksi buah dan sayur di Indonesia jadi kurang dan berdampak kepada biaya produksi dan harga jual yang mahal.

Indonesia sebagai negara tropis sebenarnya memiliki potensi yang amat besar dalam bidang agrikultur terutama buah dan sayur. Namun, dibutuhkan peran dari semua pihak untuk menciptakan ekosistem bisnis yang baik. Selain itu, kesadaran masyarakat juga harus ditingkatkan mengenai pengtingnya buah dan sayur agar konsumsi bisa meningkat dan kesejahteraan petani bisa menjadi lebih baik.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
2 shares

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
2
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

yooreka

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend