Ini Yang Harus Kamu Tahu Tentang Perubahan Iklim Bumi

Yuk mulai peduli dengan bumi kita


0
Share via
1 share

Naik-turun suhu bumi akhir-akhir memang menjadi bahasan setiap harinya. Bagaimana tidak, Indonesia sebagai negara yang berada di daerah katulistiwa sempat mengalami hawa dingin yang cukub ekstrim dan menyebabkan beberapa daerah di Indonesia mengalami penurunan suhu hingga minus dibawah 0 derajat bahkan bersalju.

Di beberapa media online internasional, peningkatan suhu menjadi faktor utama penyebab terjadinya kebakaran lahan di berbagai negara. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan kondisi bumi seperti sebelumnya?

Perlu kita ketahui terlebih dahulu, bahwa tanda-tanda perubahan iklim telah terdeteksi sejak tahun 1960an. Lalu pada tahun 1986 bukti mengenai perubahan iklim bumi dinyatakan benar dengan adanya data mengenai kondisi kutub selatan yang mengalami kenaikan suhu sebesar 2,5 derajat yang menyebabkan 3.250 KMmencair.

Beberapa pertanyaan muncul, salah satunya “Apa yang akan terjadi hari ini, jika 30 tahun yang lalu kita sudah mulai bertindak memperbaiki bumi?” Jawabannya tidak masuk akal, dilansir dari huffingtonpost.com menurut Jennifer Francis, seorang peneliti dari Rutgers University mengatakan bahwa “Tidak akan banyak yang berubah di tahun 2018, hal tersebut dikarenakan semua CO2 yang dihasilkan tahun 70-80an akan bertahan di atmosfer lebih dari satu abad. Dan sekarang kita sedang merasakan dampak dari hasil gas rumah kaca yang terjadi sejak revolusi industri.”  

Kesadaran dunia terhadap fenomena climate change muncul berkaitan dengan modernisasi abad ke-20an dimana adanya protes dari satu kelompok terhadap kelompok lain yang dianggap sebagai aktor yang merusak bahkan memperburuk keadaan lingkungan. Era ini juga menyebabkan adaya peningkatan produksi gas CFC yang diakibatkan karena penggunaan produk elektronik modern yang sangat mempengaruhi perubahan suhu bumi. 

Lantas perilaku apa saja yang dapat membantu kerusakan bumi tidak terus berkembang? Yuk mulai lakukan hal-hal ini agar bumi bisa dinikmati oleh anak-cucu kita di masa depan:

  1. Mengurangi aktivitas yang menghasilkan GRK (gas rumah kaca) dan mengurangi penggunaan bahan perusak ozon.
  2. Menjaga keberadaan daerah terbuka hijau dalam upaya mempertahankan keberadaan daerah resapan air maupun penyerap karbon. 
  3. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan laut, darat dan udara.
  4. Melakukan perencanaan tata ruang yang berwawasan lingkungan.
  5. Peningkatan kepedulian masyarakat terhadap upaya memperlambat atau mencegah meningkatkan pemanasan global.

Like it? Share with your friends!

0
Share via
1 share

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend