Ingin Tahu Rasanya Jadi Menteri Keuangan? Yuk Coba Susun APBN Versi Kamu

Kementerian Keuangan membuat sebuah simulai penyusunan APBN yang bisa kamu coba langsung


2
24 shares, 2 points

Pernah berpikir uang pajak yang dibebankan kepada kita digunakan untuk apa saja? Atau pernah mengeluh dan merasa kecewa kepada pemerintah karena subsidi kesehatan tidak merata, fasilitas pendidikan belum baik sepenuhnya atau fasilitas umum yang lama dibenahi? 

Semua pengeluaran negara baik untuk pembangunan, pembelian, maupun subsidi  sebelumnya telah dirancang melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN). Rencana keuangan tahunan pemerintah yang disetujui oleh DPR ini disusun oleh pemerintah dan dialokasikan ke berbagai sektor.

Masalahnya, kadang kita sering merasa pemerintah tidak adil atau terkesan tidak merata dalam melakukan pembangunan. Nah belum lama ini, Kementerian Keuangan selaku penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, mengeluarkan sebuah aplikasi unik. 

Melalui twitter resmi Ditjen Pajak RI pada tanggal 18 Agustus 2017, telah dibagikan sebuah link dimana kamu bisa menyusun APBN kamu sendiri. Game Simulasi APBN ini dibuat dengan tujuan agar semua orang bisa mengerti bagaimana cara menyusun APBN dengan cara yang lebih sederhana.

Saya ingin kamu mencoba menjadi Menteri Keuangan. Apa yang akan kamu lakukan apabila menjadi Menteri Keuangan? Dalam...

Posted by Sri Mulyani Indrawati on Friday, 22 September 2017

Melalui akun resmi facebook-nya, Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan juga mendorong anak muda untuk mencoba simulasi ini. Banyak orang yang masih berpikir bahwa menyusun APBN  adalah hal yang mudah karena uang yang bisa disalurkan tersedia dalam jumlah yang besar. Tetapi, ternyata ada banyak faktor yang perlu diperhatikan ketika menyusun APBN, misalnya saja prioritas pengeluaran, pendapatan negara, serta kemungkinan defisit anggaran yang bisa terjadi.

Walaupun simulasi yang dihadirkan tidak terlalu spektakuler bahkan malah terkesan sangat sederhana, paling tidak kita bisa mengetahui bagaimana rumitnya  sebuah APBN disusun. Jadi, silahkan cobalah susun APBN versi kalian dan mulailah mempertimbangkan bagaimana sulitnya membangun Indonesia  sebelum mulai mengeluh.


Like it? Share with your friends!

2
24 shares, 2 points

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
6
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend