Hilangkan Batasan Bahasa di Dunia, Google Rilis Google Pixel Buds

Kamu tidak perlu lagi susah payah belajar bahasa asing jika ingin berkungjung ke negara lain


1
Share via
2 shares, 1 point

Google akhirnya mengumumkan pesaing terbaru iPhone. Diumumkan oleh Google melalui sebuah event khusus di San Francisco, Google merilis beberapa produk sekaligus termasuk ponsel terbarunya yaitu Google Pixel 2 dan Pixel XL.

Tapi yang menjadi fokus utama selain kedua ponsel tersebut adalah produk pesaing AirPods yang bernama Google Pixel Buds. Sekilas lihat, Google Pixel Buds tidak terlihat berbeda jika dibandingkan dengan wireless earphone kebanyakan. 

Kita bisa langsung mengakses Google Assistant, AI dari Google yang tersemat pada ponsel, memeriksa notifikasi, atau mengganti lagu tanpa perlu mengeluarkan ponsel dari saku. Google Pixel Buds juga dilengkapi dengan fitur yang memudahkan penggunanya, cukup swipe kedepan atau kebelakang untuk mengganti volume atau tap untuk mengakses fungsi lainnya. Semua ini bahkan bisa diakses langsung dengan perintah suara.

Diantara semua fitur, yang paling menarik perhatian dunia adalah kemampuannya untuk mentranslasikan bahasa. Dalam perilisannya, Google Pixel Buds dapat mentranslasikan percakapan secara langsung. Hal ini terbukti saat dua orang perwakilan Google yang saling berbicara di atas panggung dimana salah satunya menggunakan bahasa Swedia dan yang lain menggunakan bahasa Inggris. Hasil percakapan mereka langsung diperdengarkan kepada seluruh penonton.

Menurut informasi, kita bahkan bisa langsung menggunakan ponsel melalui perintah suara untuk mentranslasikan bahasa. Misalnya saja kita ingin berbicara dengan orang Jepang, cukup perintahkan melalui suara seperti: "Help me speak Japanese," dan selanjutnya setiap kata-kata akan langsung ditranslasikan ke dalam bahasa Jepang yang diperdengarkan kepada lawan bicara melalui pengeras suara ponsel Google Pixel. Rasanya seperti memiliki penerjemah pribadi kan?

Proses yang terjadi terdengar sangat lancar dan sangat mengagumkan. Jika dibandingkan produk sejenis yang berguna untuk proses translasi, Google akan menjadi saingan yang sangat berat terlebih produk ini bisa mengerti lebih dari 40 bahasa. Sayangnya, Google Pixel Buds hanya bisa berfungsi khusus bagi pengguna Google Pixel. 

Saat ini sebetulnya sudah banyak tersedia layanan translasi yang disediakan melalui berbagai aplikasi. Misalnya saja di tahun 2015 Skype sudah menghadirkan layanan translasi secara langsung baik via suara maupun kata yang diketik. Sayangnya hingga saat ini, hampir semua layanan yang tersedia tidak bisa memberikan translasi dengan halus bahkan seringkali translasi yang diberikan terlalu kaku.

Dengan kehadiran Google Pixel Buds, tentu akan menghadirkan perubahan yang sangat luar biasa. Akan ada banyak kesempatan dimana setiap orang di belahan dunia lainnya bisa saling berbincang tanpa takut atau malu karena keterbatasan bahasa yang ada. Patut kita liat fungsinya yang tentu akan semakin berguna kedepannya.


Like it? Share with your friends!

1
Share via
2 shares, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend