Generasi Millennials, Generasi Petualang Pencari Kenangan

Traveling bukan hanya sekedar alat untuk melarikan diri tetapi juga menjadi kaya hidup untuk mengumpulkan memori berharga


1
Share via
5 shares, 1 point

Siapa sih yang tidak menyukai traveling? Semua orang pasti senang ketika jalan-jalan ke tempat-tempat yang menarik. Kebiasaan  traveling sendiri sebenarnya bukan hobi baru, semenjak generasi baby  boomer masih merajai, traveling sudah menjadi kegiatan yang disukai.

Walaupun bukan kegiatan baru, tapi menurut penelitian yang ada, generasi millennials adalah konsumen utama yang menggerakan bisnis traveling saat ini. Berdasarkan data dari tahun 2016, generasi millennials paling tidak melakukan traveling sebanyak 2.38 kali. Angka tersebut 32% lebih besar dibandingkan jumlah perjalanan yang dilakukan oleh Gen X apalagi baby boomer.

Saat ini traveling tidak hanya sekedar liburan tetapi sudah menjadi penegasan status sekaligus jalan hidup. Dulu traveling dianggap sebagai sebuah kemewahan dan bukan menjadi kebutuhan pokok. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi serta berbagai fasilitas yang semakin murah dan mudah menjadikan traveling sebagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Dengan masuknya generasi millennials dalam dunia kerja, mereka juga semakin rela untuk mengeluarkan uang lebih demi traveling. Menurut perkiraan, pengeluaran para millennials untuk traveling akan mencapai angka 1.4 milyar dolar di tahun 2020 secara global. 

Bagi para generasi muda, dalam melakukan perjalanan tidak sekedar untuk senang-senang semata. Perjalanan yang mereka lakukan sangat berbeda dibanding generasi sebelumnya. Jika generasi baby boomer lebih memilih untuk pergi ke tempat destinasi wisata yang ramai, pergi ke restoran terkenal, atau menikmati hotel dengan fasilitas yang lengkap, generasi millennials akan menghindari hal tersebut dan lebih memilih untuk keluar dari zona nyaman.

Istilah 'membeli pengalaman' sebenarnya menjadi kunci utama perilaku milennials dalam bepergian. Tujuan mereka biasanya untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa, misalnya saja menonton konser di luar negeri atau menikmati sebuah festival tertentu di suatu negara. Inilah mengapa partner dalam bepergian menjadi sangat penting bahkan lebih penting dari pada destinasi tujuan itu sendiri. Menurut mereka, perjalanan yang dilakukan bersama dengan orang yang penting membuat sebuah memori jadi berharga. Walaupun demikian, bukan berarti mereka akan menyukai liburan yang hanya bersantai di pantai bersama teman-teman seharian. 

Generasi millennials agak susah di tebak, mereka menyukai festival musik skala dunia tetapi mereka juga tetap ingin menikmati sisi tradisional atau budaya dari sebuah daerah. Generasi millennials adalah generasi yang sangat penasaran, mereka rela ke tempat-tempat terpencil asalkan bisa menikmati makanan yang paling otentik atau menikmati tempat wisata alam yang belum terjamah oleh banyak orang.

Dulu, istilah solo traveling sangat menakutkan bagi kebanyakan orang. Perubahan keadaan dan kemampuan adaptasi generasi millennials yang tinggi, membuat perjalanan dalam bentuk kelompok menjadi memungkinkan. Solo traveling saat ini tidak berarti bepergian sendirian, tapi kita bisa bergabung dengan perjalan ala open trip. Open trip biasanya akan menggabungkan kita dengan para solo traveler lain yang akan bepergian ke tujuan yang sama. Selain bisa memangkas biaya perjalanan, kita juga bisa mendapatkan teman baru.

Semakin lama, traveling tidak hanya digunakan sebagai media untuk melarikan diri dari kesibukan atau penatnya pekerjaan. Keinginan untuk bisa mendapatkan pengalaman langka, mempelajari kebudayaan asing, serta membuat kenangan yang berharga menjadi faktor utama generasi millennials dikategorikan sebagai generasi petualang era baru. Dengan melakukan traveling, mereka juga bisa menjalin hubungan baru dengan orang lain dan menambah wawasan sekaligus membuka pikiran. Jadi, kapan kamu terakhir kali piknik? Mungkin ini saatnya kamu mulai merencanakan perjalanan impian.


Like it? Share with your friends!

1
Share via
5 shares, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend