Festival Terampil 2019: Wadah Anak Muda Mengasah Keterampilan

Festival Terampil yang mewadahi anak muda untuk mengasah skill pertama di Indonesia.


0
Share via
6 shares

Di era serba digital ini, millennials atau anak muda dituntut harus memiliki skill atau keterampilan yang kompeten di bidang digital. Untuk mengasah atau belajar suatu skill tersebut dibutuhkan sumber – sumber dan wadah untuk belajar agar semakin banyaknya ilmu yang masuk. 

Pada tanggal 09 februari 2019 kemarin, telah berlangsung sebuah acara Festival Terampil 2019 yang diadakan di The Hall Kasablanka, Kota Kasablanka. Acara ini diselenggarakan oleh Insiator Indonesia, BUMN, dan Spirit of Millennials. 

Festival Terampil merupakan wadah bagi anak-anak muda yang ingin menjadi penggerak ekonomi untuk belajar, berlatih, dan memperluas network. Festival Terampil hadir untuk menjadi salah satu forum yang sehat bagi anak-anak muda untuk memulai impian mereka. 

Festival Terampil membuka beberapa fokus bidang yang dibagi dalam beberapa kelas belajar yaitu, ada kelas Fotografi, kelas MakeUp, kelas Bisnis Digital, kelas Kopi, dan kelas Fashion. Dimana pada setiap kelasnya memiliki pemateri yang sudah ahli dibidangnya masing – masing. Untuk kelas Bisnis Digital di isi pemateri oleh Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak, kelas Kopi dengan pemateri Evani Jesslyn, kelas Fashion oleh Alva Susilo dan Khairiyyah Sari, kelas Make Up oleh Ryan Ogilvy dan Dennish Tjandra dan kelas Fotografi oleh Ayudia Bing Slamet & Dittopercussion dan Rendha Rais. 

@festivalterampil

Acara tersebut sangat diminati oleh para anak muda. Untuk bisa bergabung dan mengikuti kelas di Festival Terampil tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis, kamu hanya perlu registrasi tiket di website loket.com. Iwan Setyawan selaku Ketua Umum Insiator Indonesia mengatakan karena antusias anak muda sangat banyak hingga 7000 pendaftar, makan team Festival Terampil menyaringnya lagi dengan cara para pendaftar diharuskan menjawab beberapa pertanyaan terkait alasan mengapa ingin bergabung di Festival Terampil. Dari situlah para pendaftar yang beruntung dipilih dan berkesempatan untuk bergabung di Festival Terampil 2019. 

Festival Terampil 2019 dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo. Dalam sambutannya, Bapak Joko Widodo atau sering dipanggil Bapak Jokowi mengatakan bahwa anak muda pada jaman sekarang sangat pintar dalam menangkap peluang bisnis maka dari itu diperlukan skill - skill atau keterampilan yang baik untuk mengembangkan bisnis tersebut. Bapak Jokowi pun sangat antusias dengan adanya Festival Terampil, membantu anak muda Indonesia untuk mengasah keterampilannya agar mampu bersaing dengan negara pesaing pasar digital. 

Selepas memberi sambutan, bapak Ir. H. Joko Widodo pun bergabung langsung pada kelas Kopi dan langsung mencoba membuat kopi serta mencicipi kopi yang sudah beliau buat.

@sekretariat.kabinet

Lalu pada kelas Bisnis Digital, Achmad Zaky yaitu CEO Bukalapak memberikan pemaparan materi mengenai bekal untuk memasuki dunia bisnis digital. Zaky mengatakan ada beberapa skill yang harus di asah agar siap memasuki era perdigitalan, apalagi untuk anak muda yang akan masuk kuliah ataupun para freshgraduate yang sedang mencari pekerjaan. Karena sekarang kita hidup di era dimana semua serba digital, bahkan untuk jual beli sudah mengandalkan teknologi untuk bertransaksi.

Skill atau keterampilan tersebut, bisa dipelajari dengan hanya membuka internet atau mencarinya di google. "Sekarang kalau mau belajar sudah gampang, tinggal cari di internet. Saya yakin kalian cari di internet soal skill itu seminggu udah bisa" ujarnya.

Festival Terampil 2019 memberikan sangat banyak ilmu untuk para anak mudah Indonesia, setidaknya anak muda Indonesia memiliki wadah untuk mengasah skill mereka yaitu di Festival Terampil. Sebelum menutup acara Festival Terampil 2019, Robby Muhamad selaku Wakil Ketua Umum Insiator Indonesia mengatakan ada 2 kunci rahasia selamat di masa depan yaitu: Pertama, mempunyai skill atau keterampilan. Kedua, Networking atau kolaborasi.

Robby berharap anak muda Indonesia semakin terampil dengan skill - skill yang dimiliki. Agar siap memasuki era digital dan persaingan di masa mendatang, serta dengan adanya Festival Terampil ini bisa menambahkan networking para anak muda Indonesia untuk berkolaborasi dan mengahasilkan karya - karya.

Acara ini ditutup dengan penampilan yang sangat meriah dari band ibukota yaitu Hivi!. Semoga acara - acara menginspirasi seperti Festival Terampil ini semakin banyak di Indonesia agar para anak muda memiliki wadah untuk belajar lebih banyak mengenai skill yang dibutuhkan di era digital.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
6 shares

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend