E-Sports, ‘Olahraga’ Baru Yang Menjanjikan Harta Melimpah

Bermain game saat ini bukan hanya sekedar 'main' tetapi bisa menjadi profesi yang sangat menjanjikan.


4
4 shares, 4 points

Image Credit: https://www.theodysseyonline.com/are-esports-sport

Di era digital sekarang ini, sebuah turnamen olahraga tidak hanya sebatas aktivitas fisik. Pernahkah kamu  mendengar istilah E-Sport? E-Sport atau electronic sport merupakan sebuah turnamen video game terutama game yang bersifat kompetitif. Ya, kamu tidak salah baca, sudah banyak turnamen video game berskala internasional yang diselenggarakan di berbagai negara, mulai dari Asia hingga Amerika. Mulai dari single player game seperti FIFA, hingga yang butuh kerjasama tim seperti Defense of The  Ancients 2 (DOTA2), League of Legends (LoL), Counter Strike, dan  Overwatch.

Karena perkembangannya dianggap sangat pesat, Olympic Council of Asia (OCA) bahkan berencana memasukkan E-Sport kedalam cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games di Hangzhou pada tahun 2022. Hal tersebut diawali dengan pengumuman kerjasama  antara OCA dengan Alisport, anak perusahaan dari raksasa E-Commerce  Cina, Alibaba, untuk mengenalkan E-Sport di Asian Games Indonesia tahun depan.

Semakin diakuinya E-Sport membuat banyak orang-orang yang hobi bermain video game atau yang biasa disebut gamers menjadikan video game sebagai karirnya. Namun bukan hanya hal itu yang menjadi motivasi para gamers mendedikasikan waktunya untuk menjadi professional gamers (Pro Gamers). Penghasilan Pro Gamers tingkat dunia tidak bisa dibilang kecil. Banyak turnamen E-Sport berskala  internasional yang memberikan hadiah luar biasa besar. Syed Sumail, atau  biasa dikenal dengan nama “SumaiL” baru berusia 16 tahun saat ia beserta  4 orang temannya yang tergabung dalam tim Evil Geniuses (EG) membawa  pulang hadiah $6.634.661 atau sekitar 88 miliar rupiah sebagai juara utama turnamen “The International” Dota2 di tahun 2015.

Valve, sebuah platform video game dengan Dota2 sebagai game andalannya memang terkenal sebagai penyelenggara turnamen dengan hadiah yang luar biasa besar. The International adalah turnamen tahunan yang  diselenggarakan oleh Valve semenjak tahun 2011 dengan total hadiah  $1.600.000 dan terus bertambah hingga pada saat ini. Menjelang The International 2017, jumlah uang yang akan menjadi hadiah telah mencapai $20.770.460 dan masih terus bertambah hingga hari penyelenggaraan turnamen tersebut berlangsung. Hal ini dikarenakan total hadiah yang selain disediakan oleh pihak Valve, juga digalang dari crowdsourcing  atau hasil penjualan item di dalam game Dota2 yang dikumpulkan dari seluruh dunia.

Bagaimana? Tertarik menjadi professional gamers?


Like it? Share with your friends!

4
4 shares, 4 points

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
1
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
3
Senang
Takut Takut
3
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
6
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend