Apa yang Sebaiknya Kamu Makan Sebelum, Sesudah, dan Ketika Kamu Berolahraga?

Jika kamu berolahraga kurang dari 30 menit, mungkin kamu hanya butuh asupan air mineral. Bagaimana jika kamu berolahraga intensif selama satu jam atau lebih?


1
Share via
2 shares, 1 point

Menurut ahli nutrisi, apa yang kamu makan sebelum, saat, dan setelah berolahraga akan dapat mempengaruhi hasil olahragamu, bisa baik juga buruk. Kamu pasti tidak mau kan sudah capek berolahraga, namun tidak ada hasilnya?

Jadi kira-kira apa saja yang direkomendasikan oleh para ahli nutrisi? Yuk kita cari tahu lebih lanjut!

Sebelum Olahraga

Menurut Nancy Cohen, seorang profesor di departemen nutrisi di University of Massachusetts in Amherst, sebelum memulai olahraga, sebaiknya mengonsumsi karbohidrat, tapi jangan terlalu banyak.

Menurut Cohen, sangatlah penting untuk tidak berolahraga dalam keadaan perut kosong. Jika kamu berolahraga dalam keadaan belum makan dalam waktu yang cukup lama, tubuhmu akan berada di fase puasa, kadar glycogen dalam otot akan lebih cepat habis dan akan membakar lemak untuk menghasilkan energi. Hal ini dapat menyebabkan ketosis, atau penumpukan asam keto dalam darah, yang dalam jangka waktu lama bisa membahayakan ginjal dan menyebabkan lelah atau pusing.

Berolahraga dalam keadaan perut kosong akan membakar lemak, namun berdampak kurang baik dalam jangka waktu panjang. Selain itu kamu juga akan lebih cepat lelah, yang bisa membuat olahragamu jadi kurang efektif.

Sebuah pisang berukuran sedang bisa dijadikan acuan untuk karbohidrat yang cukup sebelum memulai olahraga, sebaiknya dimakan sekitar satu jam sebelum kamu berolahraga. Selain pisang, untuk sumber energi olahraga terutama di pagi hari, kamu bisa mencoba mengonsumsi telur, sereal & susu, roti panggang dengan selai kacang, atau buah dengan yoghurt.

Saat Olahraga

Satu hal yang paling penting ketika berolahraga adalah asupan cairan. Dan jika kamu berolahraga kurang dari 45 menit, mungkin kamu tidak butuh asupan lain selain air mineral.

Untuk olahraga intensif selama satu sampai dua setengah jam, dibutuhkan sekitar 30 - 60 gram karbohidrat per jam. Karbohidrat sebanyak itu cukup untuk memberikan suplemen pada otot. Sebagai pembanding, apel dengan ukurang sedang memiliki sekitar 25 gram kabohidrat.

Makanan berat terkadang terasa memberatkan perut ketika berolahraga yang membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Jadi sebaiknya memilih asupan seperti jus, makanan ringan berbahan granula, atau minuman kesehatan berkarbohidrat tinggi juga bisa menjadi pilihan.

Setelah Olahraga

Konsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, daging baik sapi ataupun ayam, ucap Cohen. Setelah olahraga ringan, konsumsi makanan seimbang protein dan karbohidrat, dan minum air secukupnya untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, tambahnya.

Beberapa studi juga menyarankan untuk meminum beberapa jus buah, seperti jus semangka dan ceri, karena dapat mengurangi nyeri pada otot setelah berolahraga. Dari sebuah studi yang diterbitkan di Journal of the International Society of Sports Nutrition pada tahun 2010, 54 pelari bugar berlari rata-rata 26,3 kilometer, dalam kurun waktu 24 jam. Beberapa diantaranya diinstruksikan untuk meminum sebotol jus ceri dua kali sehari selama seminggu, sisanya diberikan sebuah minuman placeboKemudian para pelari diberikan pertanyaan mengenai tingkat rasa sakit yang dirasakan sebelum dan setelah berlari. Menurut laporan para peneliti, ditemukan perbedaan yang signifikan dalam hasil penelitian. Pelari yang diberikan jus ceri cenderung lebih sedikit merasa nyeri otot setelah berlari dibandingkan grup yang diberikan minuman placebo.

Kesimpulan

Dalam berolahraga, konsumsi cairan terutama air mineral tetaplah yang terpenting. Rutinitas olahraga yang baik melibatkan konsumsi cairan untuk rehidrasi, karbohidrat untuk pengisian energi, dan protein untuk membuat lebih baik. Selamat berolahraga!


Like it? Share with your friends!

1
Share via
2 shares, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend