7 Hal Yang Harus Kamu Tau Tentang Terapi Psikologi

Kesalahpahaman tentang kesehatan mental dan terapi mencegah banyak orang berbicara dengan profesional.


Kesalahpahaman tentang kesehatan mental dan terapi mencegah banyak orang berbicara dengan profesional. Meskipun satu dari empat orang di Amerika melaporkan menemui seorang penasihat selama masa hidup mereka, dilansir dari businessinsider.sg menurut survei tahun 2018 yang dilakukan oleh kelompok Barna, individu yang mencari konseling kemungkinan besar memiliki anggota keluarga yang menghadiri terapi. Mereka yang belum mengenal siapa pun yang pergi ke konseling jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menerima perawatan.

Individu yang tidak memiliki anggota keluarga yang menghadiri terapi mungkin tidak memahami tujuan perawatan. Atau, mereka mungkin skeptis tentang efektivitas terapi.

Meluruskan kesalahpahaman tentang terapi mungkin mendorong lebih banyak orang untuk berbicara dengan seseorang tentang pola pikir mereka. Berikut adalah tujuh hal yang diharapkan para ahli kesehatan mental yang diketahui semua orang tentang terapi:

  1. 1 Terapi Bukan Untuk Orang yang Berpikiran Lemah


    Tidak ada yang pernah mengatakan, "Dia lemah. Itu sebabnya dia pergi ke dokter gigi untuk membersihkan giginya." Bagaimanapun, kami menghargai orang-orang yang merawat giginya.

    Orang tidak selalu mendapatkan rasa hormat yang sama ketika mereka memilih untuk menjaga pikiran mereka. Ada stigma yang melekat pada terapi, dan beberapa orang masih bersikeras bahwa melihat seorang profesional kesehatan mental adalah tanda kelemahan.

    Tetapi kenyataannya adalah, dibutuhkan kekuatan untuk meminta bantuan. Dan dibutuhkan kekuatan untuk mengakui bahwa Anda tidak memiliki semua jawaban dan ingin menginvestasikan waktu untuk meningkatkan diri.

    Penyakit mental, seperti depresi, bukan pertanda kelemahan sama seperti penyakit fisik, seperti alergi musiman. Meskipun mengembangkan kekuatan mental dapat meningkatkan kesehatan mental, itu tidak menjamin Anda tidak akan pernah terserang penyakit.

  2. 2 Ada Banyak Jenis Terapi


    Banyak orang membayangkan bahwa terapi melibatkan berbaring di sofa dan berbicara tentang cedera emosional sejak kecil. Dan sementara beberapa terapis mungkin ingin mengatasi luka masa kanak-kanak, tidak semua melakukannya.

    Ada banyak jenis terapi. Beberapa terapis menggunakan pendekatan yang berfokus pada solusi yang berfokus pada bagaimana membuat segalanya lebih baik di masa depan, terlepas dari apa yang terjadi di masa lalu. Yang lain menggunakan terapi perilaku kognitif - di mana mereka membantu pasien mengidentifikasi dan membingkai ulang pola berpikir sehingga mereka dapat merasa lebih baik dan mengambil tindakan yang lebih produktif.

    Sebelum mendaftar dengan terapis, kamu mungkin bertanya kepada mereka jenis terapi apa yang mereka gunakan atau jenis kerangka teori apa yang memandu praktik mereka. Sebagian besar dari mereka membagikan informasi ini di situs web mereka - dan mereka yang tidak sering menawarkan konsultasi telepon singkat dan gratis untuk memberikan informasi ini kepada calon klien.

  3. 3 Sangat Penting Untuk Menemukan Terapis Terbaik


    Yang lebih penting dari jenis terapi adalah apakah kamu menemukan terapis yang cocok untukmu. Bagaimanapun, perawatan tidak akan efektif jika kamu tidak merasa nyaman untuk membuka atau percaya perawatan yang diberikan oleh terapis.

    Menurut beberapa penelitian, 93% orang berbohong kepada terapis mereka. Mungkin banyak dari orang-orang itu berbohong karena mereka merasa tidak nyaman mengatakan yang sebenarnya kepada terapis mereka.

    Jika kamu merasa tidak cocok dengan terapismu, kamu dapat memecat terapis Aitu kapan saja. Dan sementara kamu mungkin khawatir bahwa kamu akan menyinggung terapismu, kenyataannya adalah bahwa terapis sering dipecat. Mereka menyadari bahwa, karena satu dan lain hal, mereka terkadang tidak cocok dengan seseorang.

  4. 4 Terapi Online adalah Opsi


    Jika duduk di kantor terapis terdengar terlalu merepotkan (atau mungkin terlalu intens), terapi online adalah alternatif dan seringkali sama efektifnya untuk mendapatkan perawatan.

    Aplikasi seperti Riliv dan Ibunda.id  memungkinkan kamu terhubung dengan profesional kesehatan mental berlisensi dari handphone atau lapropmu. Kamu dapat bertukar pesan teks atau menjadwalkan sesi video langsung.

    Sebagian besar situs terapi online memungkinkan tingkat anonimitas tertentu - kamu dapat berkomunikasi dengan terapis menggunakan nama panggilan. Jadi, jika tujuan kamu adalah untuk tetap anonim, ini mungkin pilihan yang baik untuk kamu.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend