5 Tips Hemat saat Hari Raya

Apa yang perlu kamu persiapkan jelang Lebaran nanti?


Hari Raya Idul fitri atau Lebaran adalah momen utama bagi umat muslim setelah menjalani sebulan penuh puasa di bulan Ramadan. Di hari itu, umat muslim merayakan kemenangannya menjalani puasa dengan penuh suka cita. Banyak sekali tradisi yang biasa umat muslim Indonesia lakukan dalam menyambut Lebaran.

Pertama, tradisi yang identik dengan Lebaran adalah silaturahmi dan saling bermaafan. Kedua, selain silaturahmi, Lebaran juga selalu dikaitkan dengan segala hal yang baru, terutama baju baru. Ketiga, di setiap Lebaran pasti ada makanan khas berupa opor, ketupat sayur, semur, dan aneka kue kering. Tradisi lain yang selalu ada saat lebaran adalah membagikan angpau dan mudik ke kampung halaman untuk bersua dengan keluarga.

Demi merayakan lebaran, sering kali kamu harus rela merogoh kocek dalam-dalam, bahkan terkadang juga menggunakan tabunganmu. Walaupun di Indonesia ada istilah Tunjangan Hari Raya atau THR, namun tidak jarang pula tambahan dana tersebut dialokasikan untuk keperluan lain yang lebih mendesak, misalnya biaya sekolah.

Nah, ketika budget Lebaran kamu terbatas, maka kamu perlu pandai-pandai mengatur keuanganmu, namun jangan sampai mengurangi kesakralan Lebaran itu sendiri lho. Untuk itu, yuk simak 5 tips hemat di hari raya berikut ini:

1.
Susun rencana dari jauh-jauh hari

Kuncinya adalah cermat dalam perhitungan. Harga tiket transportasi biasanya semakin mahal jika sudah mendekati Lebaran. Jadi, setidaknya belilah tiket mudak kamu sekitar 2-3 bulan sebelum hari Lebaran, dengan estimasi harga yang masih lebih murah dibanding tiket menjelang hari Lebaran.

2.
Pilih transportasi terbaik dan murah

Hal ini terutama berlaku jika kampung halamanmu cukup jauh untuk ditempuh melalui jalur darat. Jika kamu memerlukan pesawat untuk mudik, pilihlah maskapai yang menawarkan tiket lebih murah. Pantau terus harga tiket dari berbagai maskapai, karena timing pembelian tiket pesawat sangat berpengaruh pada harga tiket yang akan kamu beli.

3.
Siapkan angpau

Setelah urusan tiket selesai, barulah kita beralih ke masalah angpau. Angpau biasanya diberikan ke anak-anak, jadi kamu tidak perlu menanggarkan budget terlalu besar.

Hal terpenting adalah sediakan lembaran uang baru dengan nominal yang tidak terlalu besar. Masukkan uang ke amplop kecil bergambar lucu yang bisa membuat mereka antusias. Sebisa mungkin kamu ke bank dari sekarang untuk menukarkan uang pecahan dua ribuan atau lima ribuan sebelum mudik.

4.
Pangkas pengeluaran tidak penting

Jangan ragu untuk memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting saat lebaran. Misalnya, jika kamu masih banyak baju bagus, baju baru tidaklah terlalu penting.

5.
Hemat selama puasa

Jika dana Lebaran tahun ini terbatas, siap-siaplah hemat pada saat bulan puasa. Ada banyak cara berhemat saat puasa, misalnya, memasak sendiri menu sahur dan buka puasa, juga batasi undangan buka puasa bersama di tempat yang agak mahal.

Jika kelima tips tadi bisa kamu lakukan, niscaya Lebaran kamu akan lebih tenang dan sakral tanpa harus stres memikirkan macam-macam pengeluaran di saat hari raya. Selamat mencoba!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend