Telkom University Kembangkan Alat Pendeteksi Alcohol

Ramdhan Nugraha bersama tim peneliti Telkom University menciptakan sebuah alat pendeteksi alkohol yaitu Alcohol Identification Device (Alcoloid).


Mengkonsumsi alkohol telah menjadi isu sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia bahkan Dunia. Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO)  pada tahun 2016, sebanyak 3juta orang meninggal dunia akibat mengkonsumsi alkohol, angka itu setara dengan 1 dari 20 kematian di dunia disebabkan oleh konsumsi alkohol.

Mengkonsumsi alkohol memberi dampak bagi kesehatan, diantaranya adalah perubahan perilaku dan kehilangan kendali diri (Human Error), yang dapat memicu tindak kriminialitas dan tinggi nya angka kecelakaan berkendara.

Di Indonesia maraknya kecelakaan lalulintas akibat Human Error masing sangat tinggi, dan sebagian besar akibat pengaruh alkohol. Melihat masalah tersebut Ramdhan Nugraha bersama tim peneliti Telkom University menciptakan sebuah alat pendeteksi alkohol yaitu Alcohol Identification Device (Alcoloid), dimana alat ini dapat mencegah dan menanggulangi permasalahan terkait penggunaan alcohol pada manusia.

“Alat ini akan mendeteksi jumlah alkohol yang dikonsumsi oleh seseorang, apakah orang tersebut termasuk katergori sadar, setengah sadar ataupun sudah terpengaruh alkohol yang sangat berat.” Terangnya.

Ramdhan menjelaskan alat ini terintegrasi dengan system IoT (Internet of Think) dimana alcoloid ini dapat bekerja dengan system offline ataupun online. “System kerja online ini data yang didapat dari seseorang yang dicek kadar alkoholnya akan masuk kedalam web alcoloid.telkomuniversity.ac.id sekaligus akan terkirim ke smartphone, dimana nantinya setiap pengguna alat ini bisa melihat trackrecord pengguna nya, sedangkan untuk mode offline hanya akan ditampilkan dilayar alcoloid tersebut.” Ucapnya.

Keunggulan product ini, Ramdhan menjelaskan bahwa product serupa yang ada diluar sejauh ini belum terhubung ke server (tidak online) sedangkan alcoloid karena menggunakan system IoT sudah bisa terhubung ke server.

“Selain itu product kami juga sudah menggunakan corong, sehingga secara cost produksi dan perawatan akan lebih murah dan efisien.” Ucapnya.  Kedepannya Ramdhan mengatakan bahwa saat ini alcoloid sedang menunggu proses SNI, agar dapat masuk kedapam PPBT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi). “Kami sudah ajukan untuk mendapat SNI, sedangkan untuk Paten dan HKI kami sudah dapat, apabila SNI sudah dapat kami bisa melangkah untuk masuk kedalam PPBT.” Ucapnya. (***)


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend