Simulator Boeing 737-800 Buatan Anak Muda Yogyakarta

Dengan konsep memberikan sebuah tayangan dan kondisi yang real bagaimana cara menerbangkan pesawat.


Simulator pesawat terbang kerap dipakai oleh para calon pilot pesawat terbang untuk berlatih sebelum akhirnya mereka mengemudikan dengan nyata. Biasanya simulator pesawat terbang di impor langsung dari luar negeri yaitu dari negara yang membuat pesawat terbang tersebut tetapi apakah kalian tahu bahwa anak bangsa kita juga bisa menciptakan sebuah simulator pesawat terbang.

Anak muda asal Yogyakarta ini menciptakan simulator pesawat boeing 737-800 dengan konsep memberikan sebuah tayangan dan kondisi yang real, mereka pun membuktikan bahwa Indonesia bisa menciptakan inovasi dan teknologi terbaru seperti Simulator ini agar anak muda Indonesia pun bisa mencoba. 

Ponco Wali Pranoto merupakan direktur dari Simulator Boeing 737-800 menceritakan awal mengapa ia dan tim menciptakan simulator ini. Berawal dari kegemarannya untuk bermain permainan simulator kemudian tergeraklah untuk menciptakan alat dengan kondisi yang real perbedaannya dengan simulator lainnya adalah ketika yang lainnya hanya menggunakan joystick dan keyboard tetapi Ponco dan timnya menciptakan dengan sangat nyata dimana benar-benar menghadirkan sebuah tombol-tombol yang ada di pesawat. 

Target produk Simulator Boeing 737-800 diantara lain adalah taman bermain, museum, dan sekolah penerbangan. Untuk produk ini mereka menciptakan seluruh panel hingga engine nya sendiri lalu di connect kan dengan software simulator pesawat dimana kamu benar-benar merasakan seperti menerbangkan pesawat mulai dari menghidupkan dengan kunci hingga menekan tombol-tombol seperti pilot asli lho!

Dalam mengembangkan produk ini, tak lepas juga dari tantangan dan hambatan salah satunya adalah management waktu karena mereka harus memperhitungkan waktu produksi dengan deadline untuk ‘show off’ selain itu juga ada beberapa komponen yang harus di import dari luar negeri yang membuat produksi tertunda karena masih menunggu komponen sudah datang.

Untuk pembuatan satu Simulator Boeing 737-800 mereka hanya memiliki tim sebanyak 8 orang. Semua dibuat sendiri mulai dari mekanik dan elektrik. Saat ini, untuk Simulator Boeing 737-800 sudah dipakai di Komunitas Flight Simulator. 

Penjualannya pun dilakukan permodul atau hanya perbagian yang ingin dibeli misalnya hanya throttle atau pedal gas nya saja. Untuk satu set Simulator Boeing 737-800 harganya sebesar Rp 400jt. Harapannya kedepannya Simulator Boeing 7373-800 bisa dipakai diberbagai museum dan taman pintar di Indonesia agar para siswa-siswa sekolah bisa ter-edukasi juga mengenai cara penerbangan pesawat.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend