Pantau Konsumsi Daya Listrik Menggunakan Produk Inovasi CLIoT (Colokkan Internet of Things)

Solusi monitoring listrik untuk indsutri/startup


2
Share via
3 shares, 2 points

Perkembangan Startup Teknologi & Industri di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat, berdasarkan data yang dilansir dari Startup Ranking, Indonesia masuk dalam jajaran 5 negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia. Indonesia menempati posisi 5 dengan jumlah startup sebanyak 2192 (Januari 2019), belum lagi jumlah industri non teknologi yang jumlahnya menyentuh angka jutaan.

Banyaknya perusahaan yang berdiri artinya semakin meningkat pula cost penggunaan listrik yang dibutuhkan perusahaan, melihat peluang tersebut, salah satu mahasiswa Telkom University, Arya S Jailani memutuskan untuk membangun start up miliknya dengan nama CLIoT atau Colokkan Internet of Things.

Dipamerkan di Jakarta Convention Center pada ajang I3E Pamaeran Startup Teknologi & Inovasi Industri Anak Negeri, Apa yang CLIoT coba tawarkan kepada perusahaan? Arya menjelaskan, CLIoT merupakan sebuah alat berupa terminal (colokkan) listrik yang bisa dikontrol secara jarak jauh (Internet of Things) melalui sebuah aplikasi di smartphone. 

Lalu control apa saja yang bisa kita lakukan melalui aplikasi? CLIoT bisa mematikan atau menyalakan arus listrik terminal, selain itu juga ada fungsi untuk memonitor penggunaan listrik. Jadi CLIoT bisa memantau penggunaan listrik dalam jangka waktu tertentu, misal perbulan. 

Hal ini lah yang bisa menjadi solusi dan benefit bagi pelaku startup/industri sehingga dapat melakukan monitoring secara spesifik khususnya dalam penggunaan daya listrik untuk operasional perusahaan. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan gambaran besar untuk melakukan keputusan efisiensi penggunaan daya listrik.

Selain untuk pengguna industri, CLIoT ini juga bisa digunakan oleh pengguna rumahan. Setiap produk elektronik yang dicolokkan ke terminal CLIoT ini, masyarakat akan mudah mengetahui konsumsi listrik dari produk elektronik seperti kulkas, mesin cuci, TV, atau lainnya. 

Keunggulan lain produk CLIoT adalah memudahkan user agar tidak repot untuk menggulung kabel setelah digunakan. Dengan satu tombol, kabel yang sudah diulur akan secara otomatis masuk kembali kedalam terminal. Lalu, CLIoT juga sudah terdaftar paten dan hak cipta atas nama Universitas Telkom.


Like it? Share with your friends!

2
Share via
3 shares, 2 points

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend