Millealab: VR Menjadi Media Pembelajaran Yang Menyenangkan

Dengan Millealab, para guru tidak perlu coding lagi untuk menggunakan VR hanya tinggal melakukan drop & drag seperti Game Minecraft.


Sarana belajar saat ini tidak hanya menggunakan buku saja, semakin berkembangnya terknologi saat ini belajar pun bisa di dukung oleh alat-alat canggih, selain laptop dan internet salah satunya adalah VR. Dilansir dari Binus.ac.id, Virtual Reality (VR) adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Startup asal Tangerang ini membuat VR bisa menjadi sarana untuk belajar disekolah juga lho! Berawal dari riset 2 tahun yang lalu dimana membukti bahwa VR menambah konsentrasi dalam pembelajaran. Lalu, mereka berpikiran bagaiman para guru bisa menggunakan konten VR tanpa harus melakukan coding terlebih dahulu, karena memang VR sendiri membutuhkan high specification untuk kebutuhannya dan juga coding untuk pembuatannya.

Dengan Millealab, para guru tidak perlu coding lagi untuk menggunakan VR hanya tinggal melakukan drop & drag seperti Game Minecraft. Millealab adalah salah satu produk dari Shinta VR. Saat ini Millealab dipakai oleh para guru dan sekolah-sekolah sebagai media pembelajaran.

Konten VR yang akan ditampilkan akan sesuai dengan mata pelajaran yang sedang berlangsung, salah satu contohnya adalah jika pelajaran Agama Islam dan kemudian guru akan menunjukkan ilustrasi mengenai Ka’bah maka dalam konten VR yang murid-murid akan lihat adalah sebuah Ka’bah yang real. Selain itu juga bisa menambahkan konten-konten dari youtube, seperti video 360 derajat hingga bacaan-bacaan.

Untuk biayanya sendiri adalah sekitar Rp 6 juta pertahun karena Millealab memiliki sistem lisensi dan ada pemeliharaan sistem maka setiap tahunnya ada maintenance. Selaku Account Executive, Atika mengatakan selama mengembangkan startup ini, adapun tantangannya adalah kesulitan untuk mengakses internet jika mendapatkan klien yang berada di daerah terpencil tetapi sejauh ini semua guru-guru dan sekolah menerima dan mudah mengerti dengan ada media VR, pembelajaran semakin mudah dan menyenangkan.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend