Kelola.net: Membantu Mendigitalisasikan Pengelolaan Klinik Dokter Gigi

Pengelolaan data rumah sakit, klinik, dan praktek pribadi dokter gigi kini tak perlu manual tulis tangan lagi.


Rumah sakit maupun klinik pastinya memiliki data-data para pasien yang pernah berobat disana, data tersebut berupa profil pasien, riwayat penyakit, hingga alergi obat. Data – data tersebut biasanya disebut Rekam Medis. 

Dimana fungsi rekam medis adalah agar terekamnya informasi yang cukup akurat tentang data sosial pasien, pemeriksaan penunjang dan pengobatan untuk menunjang kesembuhan pasien sehingga bisa dikeluarkan sewaktu-waktu ketika pasien membutuhkan.

Di era digital seperti sekarang, pengelolaan data rekam medis seharusnya sudah menggunakan teknologi komputer dan internet untuk membackup database rekam medis para pasien. Tetapi masih banyak rumah sakit, klinik, hingga praktek pribadi yang belum menerapkan pengelolaan data secara digital. Banyak yang masih menggunakan sistem manual dengan tertulis untuk menulis rekam medis. Terutama bagi dokter gigi.

Jika kamu masih menggunakan sistem manual, baiknya kamu bisa meminta bantuan Kelola.net. Startup ini adalah aplikasi online yang bisa membantu pengelolaan praktek pribadi Dokter Gigi/Klinik Gigi/RSGM yang berbasis integrated management system.

Kelola.net didirikan oleh Akhmad Farkhan Azmi, drg,. M.Kes. (Founder & CEO), Dr. Taufan Bramantoro, drg. M.Kes (Co-Founder), Raga Bhirhatihin al-fath S.Kom., M.M (Co-Founder & CTO). Farkhan menceritakan awal mula kelola.net berdiri. Ia dan sekelompok temannya adalah seorang konsultan management rumah sakit dan banyak menemukan permasalahan dalam pengelolaan. Apalagi untuk dokter gigi banyak yang masih bingung dalam menentukan tarif hingga mengelola keuangan. Banyak rumah sakit, klinik, maupun praktek pribadi yang masih menggunakan sistem manual dalam melakukan pengelolaan data rekam medis hingga laporan keuangan. Dan nantinya semisal ingin pasien berpindah rumah sakit, akan kesulitan untuk memindahkan berkas rekam medis.

Dari situ lah muncul ide mereka untuk membuat Kelola.net, dimana akan mempermudah para dokter gigi untuk mengelola rekam medisnya sehingga jika pasien berpindah rumah sakit, data pasien yang di masukkan pada Kelola.net akan langsung muncul di sistem database rumah sakit yang lainnya. Yang pastinya akan mempermudah pasien untuk berobat.

Kelola.net menawarkan beberapa fitur dimana mereka bisa membantumu untuk mengelola klinik, diantaranya: E-Rekam Medis, E-Unit Cost, E-Booking Management, E-Stock Management, Laporan Keuangan, Point of Sales, dan Diskusi Pakar. Kamu bisa menggunakan jasa kelola.net dengan harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000 tergantung fasilitas yang kamu pilih. Untuk sementara ini kelola.net hanya menangani untuk pengelolaan rumah sakit gigi dan mulut, klinik gigi, dan praktek pribadi Dokter Gigi.

Sekarang kelola.net sedang dalam inkubasi LPBI Universitas Airlangga dan sedang dalam pendanaan PPBT Kemenristek. Startup yang baru mulai Maret 2019 ini sudah menjalin kejasama dengan 160 Dokter Gigi dan Klinik Gigi. Kelola.net akan meluncurkan versi aplikasi smarthphone di bulan Juni, startup ini pun ingin bisa mengembangkan hingga kebutuhan pasien untuk booking Dokter dan pembayaran menggunaka e-wallet. Sekarang Kelola.net sudah memiliki klien di beberapa kota seperti Malang, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Jakarta, Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Harapannya 3 tahun kedepan Kelola.net bisa memiliki 10.000 pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend