Ecodoe Virtual Store, Aplikasi Belanja Online Pertama Di Indonesia Melalui Teknologi Virtual Reality (VR)

Ecodoe yang merupakan salah satu e-commerce UMKM berencana menghadirkan inovasi berbelanja melalui teknologi VR


1
Share via
58 shares, 1 point

Munculnya Pandemi Covid-19 di Indonesia sejak bulan Maret 2020 kian berdampak hampir ke seluruh sektor, mulai dari kesehatan, sosial, hingga ekonomi. Tak heran bila hal tersebut turut merubah tren di masyarakat, khususnya dalam hal berbelanja. Demi mencegah penularan virus corona, masyarakat kini cenderung mengurangi intensitas tatap muka secara langsung saat berbelanja dan mengoptimalkan berbelanja melalui online.

Walaupun begitu, seringkali transaksi online justru menyebabkan ketidakpuasan dalam pembelian barang, hal ini dikarenakan konsumen tidak dapat melihat serta memilih barang secara langsung dan cenderung memilih hanya melalui foto yang ditampilkan. Tak hanya itu saja, keterbatasan membawa sampel juga menjadi salah satu kendala tersendiri.

Sejalan dengan permasalahan tersebut, Ecodoe yang merupakan salah satu e-commerce Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berencana untuk menghadirkan inovasi berbelanja melalui teknologi “Virtual Reality” (VR) pertama di Indonesia.

Seperti yang diketahui, teknologi VR cenderung terlihat lebih realistis dan mendalam bila dibandingkan foto biasa, hal ini tentu sangat berguna untuk memasarkan suatu produk dalam menampilkan visual yang menyerupai wujud aslinya.

Inovasi Berkelanjutan

Founder & CEO Ecodoe, Laras Widyaputri mengatakan melalui terobosan ini, Ecodoe ingin melangkah lebih jauh dalam menyajikan pengalaman yang berbeda kepada konsumen dan turut memberikan kemudahan dalam memilih produk yang ditawarkan.

“Kami juga berharap dapat menjadi sarana edukasi bagi konsumen, sehingga tidak sebatas produk yang mereka cari atau butuhkan saja, tetapi mengetahui produk-produk lain yang mungkin suatu saat akan mereka butuhkan,” ujar Laras.

Ia juga menambahkan bahwa nantinya pengalaman berbelanja souvenir melalui Ecodoe VR Store ini dapat dirasakan oleh konsumen Ecodoe baik saat datang langsung ke Kantor Ecodoe atau melalui tim Ecodoe yang akan datang ke kantor atau rumah konsumen.

Sinergi Kolaborasi

Untuk menghadirkan pengalaman baru tersebut, Ecodoe menggandeng ARUTALA yang merupakan salah satu perusahaan pengembang teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) di Indonesia.

“Kami melihat ARUTALA sebagai perusahaan yang cukup menonjol dalam pengembangan teknologi VR ini, dari sisi profesionalitas, desain, serta inovasi yang ditawarkan. Kami melihat bahwa ARUTALA mampu untuk membantu dalam mengembangkan inovasi baru bagi Ecodoe,” tutur Laras.

Hal senada juga diungkapkan CEO ARUTALA, Indra Haryadi, “Satu hal yang membuat kami semangat dan senang untuk berkolaborasi dengan Ecodoe ini adalah kesamaan visi, dimana kita sama-sama yakin bahwa future (masa depan) adalah di virtual dan ini sangat terbukti dengan adanya virus corona yang awalnya baru menjadi visi, sudah mulai terlihat (menjadi kenyataan).”

Merujuk tentang proyeksi ke depan nanti, Indra juga menambahkan bahwa nantinya melalui pengembangan Ecodoe VR Store ini menjadi awal dalam mengawali hubungan kerjasama antara kedua belah pihak dan sekaligus dapat menjadi kerjasama jangka panjang.


Like it? Share with your friends!

1
Share via
58 shares, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend