Utari Octavianty: Perjalanan dan Pelajaran Membangun Startup

Co Founder/General Director Aruna Indonesia


Sumber gambar: https://aruna.id

Utari Octavianty merupakan Co-Founder dan General Director dari startup Aruna Indonesia. Minggu lalu (6/5/2020), Utari bercerita mengenai perjalanan dan pelajaran membangun startup dalam webinar yang diselenggarakan oleh Telkom University yang bertema “Jangan Cuma Berani Bermimpi Jadi Startup Founder”. 

Beliau bercerita bahwa saat membangun Aruna yang dimulai pada tahun 2015, iai memulai dengan mengikuti berbagai kompetisi tentang e-commerce di bidang perikanan dan kemudian berhasil memenangkannya. Setelah itu di tahun 2016 mulailah Aruna didirikan dengan menggunakan PT, di tahun tersebut Aruna melakukan kerjasama dengan beberapa koperasi nelayan di Jawa Barat. Pada tahun 2017 Aruna mendapatkan pendanaan dari investor dan melakukan partnership dengan KOMINFO, berlanjut di tahun 2018 Aruna terus tumbuh berkembang dan memulai pasar export hingga saat ini, di tahun 2020 ini Aruna masuk ke dalam 30 Under 30 Asia Forbes 2020

Tak hanya menceritakan perjalanan dalam membangun Aruna, Utari juga berbagi tips bagaimana membangun sebuah startup, menurutnya membuat startup di masa sekarang jauh lebih mudah dibandingkan dengan masa sebelumnya. Pasalnya, saat ini orang-orang sudah terbiasa mendengar kata startup dan akses informasi lebih mudah didapatkan, sehingga peluang untuk membuat startup lebih mudah didapatkan.

Di dalam webinar Utari menyampaikan juga bagaimana tips membangun sebuah startup. Menurutnya hal yang paling utama sebelum membangun sebuah startup adalah menemukan tujuan hidup. Utari mengatakan bahwa, sebisa mungkin sejak lulus dari tingkat SMA kita harus sudah memiliki tujuan hidup yang jelas, agar tidak salah mengambil langkah ke depan dalam menentukan sebuah pilihan. Cara menemukan tujuan hidup bisa dimulai dari mencari hal yang disukai, kemudian apa yang dunia butuhkan, sesuatu hal yang bisa menghasilkan uang, serta hal yang kita memang ahli untuk melakukannya. Kita harus bisa menggabungkan semua hal-hal itu namun tetap sesuai dengan tujuan hidup kita. 

Setelah berhasil mengetahui tujuan hidup kita apa, maka selanjutnya adalah menentukan bagaimana cara agar tujuan tersebut bisa kita capai. Jika kita berada pada jenjang SMA/SMK maka tujuan selanjutnya adalah memilih industri apa yang kalian minati di masa depan, kemudian mulailah untuk mencari kampus mana yang menyediakan program keahlian yang kalian minati. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa kita harus aktif saat dalam dunia perkuliahan, seperti mengikuti berbagai kompetisi dan organisasi kampus. 

Pelajaran kunci yang didapat jika akan membangun sebuah bisnis yaitu, buatlah suatu usaha yang orang lain butuhkan, harus tau timing yang tepat, memiliki tim yang bisa mendukung dan menyeimbangi kita, dan yang terakhir adalah modal usaha. Selain itu Utari menyampaikan tiga kunci yang menjadi modal dalam sebuah startup yakni, orang yang mengerti cara mengembangkan teknologi atau produk, orang yang mengerti market serta orang yang mengerti tentang keuangan. 

Dalam membuat startup jangan jadikan keterbatasan menjadi sebuah penghalang, karena dalam sebuah usaha pasti akan menemui rintangan, yang terpenting ketika menemui kegagalan jangan berhenti, bangkit dan perbaiki kegagalan yang sudah terjadi. Menjadi seorang founder sama halnya menjadi seorang entrepreneur karena tetap harus memikirkan sisi teknologi, bisnis, serta manfaat yang akan diberikan oleh perusahaan. Pada intinya “jangan takut untuk memulai dan harus punya tujuan hidup yang jelas” ungkap Utari. 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend