Stephen Hawking Dan Warisannya Kepada Dunia

Diumurnya yang ke 76 tahun, akhirnya sang fisikawan meninggal dunia


Sumber Gambar: TED S. WARREN/AP


Stephen Hawking, seorang fisikawan asal Inggris yang berperan besar dalam dunia ilmu pengetahuan dikabarkan meninggal dunia hari ini (14/3/2018). Menurut kabar dari juru bicara keluarga, Stephen meninggal di usia 76 tahun. Beliau meninggal dengan keadaan damai di rumah yang berlokasi di Cambridge.

Sebuah perjuangan yang luar biasa dimana Stephen berhasil bertahan lebih dari 50 tahun melawan penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ASL). Biasanya, pasien yang menderita penyakit ALS atau dikenal juga dengan penyakit Lou Gehrig tidak akan bertahan lama setelah diagnosis diberikan. Pertama kali didiagnosia penyakit ALS, Stephen masih berumur 21 tahun (1963) dan dikatakan hanya bisa bertahan selama beberapa tahun saja.

Penyakit ini juga memaksanya untuk terus berada di kursi roda dan hanya bisa berkomunikasi menggunakan alat bantu digital yang membantu menerjemahkan apa yang ingin dikatakannya melalui suara buatan beraksen Amerika.

Pencapaian Stephen dimulai pada tahun 1988 ketika dia berhasil mempublikasikan sebuah buku yang sangat kompleks tapi dikemas dengan sederhana dan menceritakan mengenai alam semesta berjudul Brief History of Time. Buku tersebut ditulisnya untuk menyampaikan ketertarikan atas apa yang ditemukan di alam semesta. Stephen membuat buku itu dengan harapan sederhana yaitu laku jika dijual di rak toko buku airport. Sebelum dirilis, Stephen meminta para suster yang merawatnya untuk membaca buku tersebut dan melihat apakah bisa dimengerti oleh orang awam, ternyata mereka bisa mengerti secara garis besar apa yang ditulis oleh Hawking.

Teori yang terkenal dari Stephen adalah teori black hole yang menunjukan bahwa apapun yang sudah masuk ke dalamnya tidak akan keluar lagi bahkan cahaya sekalipun. Dia juga percaya bahwa akan sulit untuk menghindari bencana yang akan terjadi jika manusia seluruhnya berada di Bumi. Menurutnya, manusia harus mencari planet lain untuk ditinggali.

Stephen Hawking menyandang posisi Lucasian Professor of Mathematics yang sebelumnya disandang oleh Sir Isaac Newton. Keduanya menyandang predikat sebagai ilmuan terhebat dalam sejarah modern. Karena kejeniusannya, Stephen saat ini juga dianggap sebagai figur matematika dan ilmu pengetahuan bahkan dirinya juga pernah menjadi figuran di film Star Trek: The Next Generation hingga The Simpsons.

Sebenarnya masih banyak teori luar biasa dan kontrofersial lain yang juga dikeluarkan oleh Stephen Hawking. Hampir semua terori yang diwariskan sangat mempengaruhi cara berpikir kita mengenai ilmu pengetahuan. Inilah yang membuat Stephen Hawking akan selalu dikenang oleh semua orang dan ilmuan di dunia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
1
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend