Siapa sih yang tidak kenal dengan Tokopedia? Hampir seluruh masyarakat di Indonesia sudah pernah berbelanja melalui e-commerce yang identik dengan warna hijau ini. Salah satu perusahaan jual beli online terbesar di Indonesia ini telah berhasil menghadirkan solusi antara penjual dan pembeli. Saat ini pembeli tidak perlu lagi curiga terhadap penjual di manapun dia berada, tetapi cukup menaruh kepercayaan dan menyerahkan risiko yang ada kepada Tokopedia sebagai mediator keduanya.
William Tanuwijaya, sang CEO Tokopedia berhasil menciptakan ide-ide brilian yang membawa Tokopedia menjadi situs jual beli online terbaik di Indonesia. Awalnya, William bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software komputer. Namun setelah beberapa lama, William mulai berpikir untuk mendirikan perusahaannya sendiri. Pada tahun 2007, William terinspirasi saat ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli. Semenjak itu, William akhirnya memutuskan untuk mulai menciptakan startup baru yang dinamakan Tokopedia.
Image Credit: http://www.thejakartapost.com/
Dikutip dari startupbisnis.com (5/7/2017), saat ini Tokopedia telah memiliki lebih dari 15.446 merchant aktif, 367.000 produk, 15 juta page views per bulan, 800.000 pengunjung, dan total transaksi yang dihasilkan dari Tokopedia telah mencapai lebih dari 8,38 milyar rupiah per bulan.
Saat ini Tokopedia memiliki 3 divisi utama yaitu: Divisi Product & Technology yang bertujuan dalam pengembangan situs; Divisi Customer Service yang dibagi dalam 2 shift; dan Divisi Content yang bertanggung jawab mengoptimalkan pengalaman belanja di masing-masing kategori.
Perkembangan yang pesat juga membuat tokopedia terus menghadirkan berbagai macam inovasi yang memudahkan masyarakat. Sekarang tokopedia tidak hanya menjadi sekedar situs jual beli tetapi seluruh kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi, mulai dari isi ulang pulsa, token listrik, tiket perjalanan bahkan hingga pengajuan kartu kredit.
0 Comments