Membangun Bisnis Sukses Ala Jack Ma

Apa rahasia Jack Ma sehingga sukses membangun raksasa e-commerce, Alibaba?


Siapa yang tak kenal sosok Jack Ma, pendiri Alibaba, salah satu raksasa e-commerce terbesar di dunia. Siapa sangka, berawal dari kehidupan yang sederhana dan mengalami banyak tantangan saat memulai bisnis, Jack Ma bertransformasi menjadi pebisnis yang sukses.

Dikutip dari Maxmanroe.com, Menurut Jack Ma, berbisnis bukanlah hal yang rumit apabila kamu sudah memahami hal-hal berikut.

  • Tujuan memperkuat jaringan
  • Miliki sistem yang Baik
  • Menjadi besar di tengah keterbatasan
  • Berperanlah seperti karyawan
  • Pekerjakan orang tekun dan cerdas
  • Pemilihan nama bisnis yang tepat

Ketika memulai bisnis e-commerce, Jack Ma bertujuan untuk menyediakan layanan bisnis yang memadai bagi masyarakat China. Hal ini juga dijalankannya seiring dengan upaya dia memperkuat jaringan bisnis.

Jack Ma belajar bahwa bisnis kecil maupun besar, harus memiliki sistem yang baik, sehingga tidak ada celah siapa pun mengacaukan proses bisnis tersebut. Jika bisnis kecil dibangun dengan pengelolaan sistem yang baik, ia berpotensi untuk berkembang menjadi lebih besar.

Tahun 1995, Jack Ma menjalankan bisnis China Yellowpages, ketika belum banyak masyarakat Cina yang mengenal teknologi internet. Jack Ma menjelaskan kepada teman-temannya mengenai bisnis internet yang dijalaninya, dan hasilnya tidak ada yang mengerti mengenai bisnis tersebut. Tetapi, salah satu rekan menyetujui ajakan kerja sama Jack Ma.

Berusaha menjadikan suatu bisnis menjadi lebih besar, walaupun berada di tengah keterbatasan, bisa membuat kamu lebih bersemangat dan kreatif.

Seorang pemimpin harus memperlakukan dirinya seperti seorang karyawan agar tidak menganggap dirinya terlalu tinggi dan meremehkan karyawannya. Sebagai seorang pemimpin, milikilah sifat yang rendah hati dan mau mendengarkan pendapat orang lain yang nantinya akan menjadi saran yang berharga bagi diri sendiri maupun untuk perkembangan bisnis ke depan.

Bagi Jack Ma, tidak harus merekrut orang yang ahli di bidangnya, cukup mempekerjakan orang yang tekun, jujur dan cukup cerdas untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan.

Jack Ma memilih nama Alibaba dengan filosofi tokoh dongeng yang cerdik dan mampu mengelabui 40 orang pencuri.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ayesa Afya

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend