Jack Ma Akhirnya Mundur Dari Alibaba

Sebelumnya Jack Ma telah mengumumkan hal ini pada tahun 2018


Sumber Gambar: Reuters


Setelah mengumumkan akan mundur dari perusahaan yang telah dibangunnya pada tahun lalu, Jack Ma akhirnya meninggalkan Alibaba. Jack Ma mendirikan Alibaba pada tahun 1999 dan pada peringatannya yang ke 20 tahun, sang Co-Founder memutuskan untuk mundur. Posisi CEO yang ditinggalkan oleh Jack Ma nantinya akan digantikan oleh Daniel Zhang

Kejadian ini membuat Jack Ma adalah founder pertama dari era bisnis internet di China yang mengundurkan diri dari perusahaan yang dibangunnya.

Jack Ma dan Alibaba

Pada awalnya, Alibaba didirikan oleh Jack Ma bersama dengan 18 orang rekannya di Hangzhou, China yang saat ini juga menjadi lokasi kantor pusat Alibaba. Website Alibaba lahir sebagai marketplace yang menggunakan bahasa Inggris, dan selanjutnya di tahun yang sama mereka juga merilis marketplace grosir untuk pasar domestik. 

Investasi pertama mereka didapatkan pada tahun 2000 yang berasal dari Softbank dengan nilai $20 juta. Menurut Jack Ma, investasi ini bahkan dilakukan tanpa membicarakan bisnis model dan juga revenue. Masayoshi Son, CEO SoftBank dan Jack Ma hanya membicarakan soal visi bersama dan keputusan langsung diambil.

Selanjutnya, bisnis Alibaba terus berkembang hingga menarik investor lain dan juga menciptakan banyak lini bisnis seperti Alipay dan juga Taobao.

Setelah mengundurkan diri, Jack Ma akan lebih berfokus mengabdikan dirinya kepada masyarakat dengan menjadi filantropis dan berfokus untuk pengembangan pendidikan. Alasan ini juga dilatarbelakangi oleh dirinya yang tertarik pada dunia tersebut dimana profesi awalnya juga merupakan seorang guru bahasa Inggris. 

Walaupun mengundurkan diri, Jack Ma masih tetap menjabat sebagai board of director dan akan terus mementor perusahaan tersebut. Tantangan terbesar justru berada di pundak Daniel Zhang. Karena walaupun bagaimanapun juga, Jack Ma sangat dicintai dan dihormati oleh seluruh staff dan juga di forum internasional. 

Semoga saja Jack Ma akan terus memberikan inspirasi untuk banyak orang dan Alibaba juga tetap berkembang tanpa dirinya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend