Ini Alasan Kenapa Jack Ma Selalu Didengar Banyak Orang

Apa yang disampaikan oleh Jack Ma selalu menarik, bukan karena kaya dan terkenal tetapi ada sesuatu yang unik dari cara penyampaiannya


1
6 shares, 1 point

Image Credit: techinasia

Charles Custer, seorang editor Tech in Asia baru-baru ini memberitakan sebuah hal yang unik mengenai public speaking ala Jack Ma. Pengalamannya menghadiri berbagai acara untuk mendengarkan para CEO dan membuat video dari acara tersebut, ternyata membuat Custer menemukan sebuah fakta yang menarik. Dia sudah pernah mendengar ceramah para CEO mulai dari Min-Liang Tan hingga Elon Musk, tetapi hanya Jack Ma yang memiliki sebuah keunikan tersendiri dan membuatnya selalu didengar banyak orang.

Bukan hanya sekedar kaya dan terkenal, Jack Ma seakan memiliki sesuatu yang konsisten dalam setiap paparannya di depan umum. Walaupun kita belum tentu bisa berdiri di sebuah panggung layaknya Jack Ma, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mencotoh apa yang dilakukannya bukan?

  1. 1 Berbicara Perlahan dan Jelas

    Jika kita menonton ceramah Jack Ma ketika dia menggunakan bahasa Inggris, ada kesan bahwa cara penyampaiannya terasa pelan dan seringkali sengaja diberikan jeda yang panjang untuk setiap kalimatnya. Mungkin kita berpikir, penyebabnya bahasa Inggris adalah bahasa keduanya. Padahal ketika dia melakukan presentasi dalam bahasa China, hal yang sama juga dilakukan.

    Semua yang terkait dengan cara penyampaian Jack Ma ternyata dibuat sedemikian rupa agar semua orang bisa mengerti betul apa yang disampaikan. Dia berbicara perlahan dengan tujuan agar semua orang bisa tetap mengikuti. Jeda dalam presentasinya bertujuan untuk membuat penonton memiliki waktu berpikir dan mencerna setelah menyampaikan poin penting. Penggunaan bahasa yang sederhana, lalu penggunaan jargon yang umum dimengerti seakan semakin mempermudah orang-orang untuk mencerna apa yang dia sampaikan.

    Hasilnya, hampir semua orang yang tidak bekerja atau terbiasa dengan teknologi dapat tertarik dengan entrepreneurship ala Jack Ma dan tetap mengerti bagaimana dia melakukan bisnis digital. Jack Ma selalu berkata bahwa dia tidak akan membahas bagaimana teknologi Alibaba bekerja, karena dia sendiri tidak mengerti akan hal itu, tetapi mungkin ini juga adalah pendekatannya yang bersifat lebih umum agar semua orang bisa mengerti apa yang ingin dia sampaikan.

  2. 2 Gunakan Pengulangan Atau Penekanan

    Jack Ma's secret to hiring

    "Hire the right people, not necessarily the best people."

    Posted by Tech in Asia on Saturday, 15 July 2017
    facebook/techinasia

    Contoh nyata dari pengulangan yang dimaksud bisa kalian lihat pada video diatas. Dalam video tersebut Jack Ma berkata, "Ketika berbicara tentang rekrutmen, orang yang paling hebat adalah mereka yang dilatih oleh kita sendiri." Di bagian terakhir, dia kembali menyampaikan hal yang sama hanya saja dengan kata-kata yang sedikit dirubah.

    Pengulangan ini bukanlah sebuah kesalahan, tetapi justru disengaja agar pesan yang disampaikan bisa semakin ditekankan. Selain itu, pengulangan ini juga membuat mereka yang mendengarkan merasa bahwa hal tersebut sangat penting serta memberikan waktu untuk mencernanya kembali.

    Walaupun demikian, perlu diingat bahwa kita tidak boleh mengulang secara terus menerus pesan yang disampaikan karena penonton tentu akan menjadi bosan.

  3. 3 Humor

    Salah satu kebiasaan Ma dalam berbicara, dia selalu menyelipkan humor di dalamnya. Humor yang dia bahas pun selalu berkaitan dengan dirinya, mulai dari bagaimana pendapatannya dulu, bagaimana kurangnya dia akan pengetahuan tentang teknologi, atau bagaimana menjadi satu-satunya orang yang tidak di terima oleh KFC.

    Apa yang dilakukan oleh Ma ternyata secara tidak langsung bisa mendekatkan dan membuat orang lain menjadi lebih santai. Tertawa membuat orang merasa senang, dan dengan mendengarkan Ma yang berulang kali 'mempermalukan' dirinya, hal ini seakan membuat para penonton memiliki kedekatan dengan sang CEO. Bagi penonton, Jack Ma akan terasa seperti orang biasa, orang yang dekat, dibandingkan dengan figur sukses kaya raya yang melekat.

  4. 4 Gunakan Tangan dan Tubuh Saat Bicara

    How being a teacher made Jack Ma a great CEO

    "A teacher always wants his students to be better and more successful than they are."

    Posted by Tech in Asia on Monday, 26 June 2017
    facebook/techinasia

    Apa yang dilakukan oleh Jack Ma diatas panggung seakan memberikan kita tampilan visual yang lebih menarik. Hal ini disebabkan oleh gerakan tangan atau gerakan tubuhnya yang seakan membantu menjelaskan apa yang ingin disampaikan. Jika diperhatikan lebih lanjut, Jack Ma tidak pernah diam ketika menyampaikan sesuatu, dia akan bergerak, melambai, menunjuk, atau melakukan hal lain untuk menekankan pernyataannya walaupun dia hanya duduk disebuah kursi.

    Menurut Custer, jika dibandingkan dengan CEO lain contohnya Elon Musk, Ma seakan memberikan informasi yang lebih menarik hanya dengan menambahkan ekspresi dan gerakan tubuh.

  5. 5 Gunakan Analogi

    Bisnis adalah hal yang sulit, teknologi juga hal yang sama sulitnya. Kedua hal ini sering kali menjadi masalah tersendiri bagi CEO perusahaan teknologi yang ingin menjelaskan tentang bagaimana bisnisnya bekerja.

    Jack Ma menyiasati hal ini dengan cara memberikan sebuah analogi yang unik dan bisa mudah dimengerti. Misalnya saja pada video di poin kedua, Ma menggunakan analogi memasangkan mesin jet ke sebuah traktor. Hal ini memiliki dua tujuan, agar selalu diingat oleh pendengar karena lucu, serta menyampaikan bahwa merekrut kandidat terbaik tidak selalu berdampak bagus bagi perusahaan. Jika tidak menggunakan analogi, orang-orang akan berpikir, apa yang salah dengan menrekrut kandidat terbaik, lagi pula bukankah itu yang paling penting bagi sebuah perusahaan? Tetapi dengan menggunakan analogi, Ma seakaan mengajak kita berpikir, mesin jet adalah mesin yang bagus, tetapi apakah mesin jet akan bekerja dengan baik jika dipasang di traktor? Belum tentu bukan.

  6. 6 Ambil Posisi Yang Kuat

    Jack Ma says stop complaining

    Complaining doesn't work, says Jack Ma, because you are a nobody.

    Posted by Tech in Asia on Wednesday, 26 July 2017

    Perhatikan ketika Jack Ma berbicara, dia tidak akan pernah terlihat ragu-ragu dalam menyampaikan sesuatu. Dia selalu menyampaikan sesuatu dengan kuat dan tegas, iya atau tidak, dan kata-katanya seakan menguatkan posisinya dengan jelas. 

    Pada video diatas, Ma menyampaikan bahwa keluhan dari orang-orang adalah hal yang bodoh, dia bahkan mencibir mereka yang mengeluh untuk semakin memperjelas maksud yang disampaikan. Walaupun terdengar kasar, hal ini sebenarnya membuat hal yang disampaikan tedengar jelas dan tegas. Selain itu pendapat seperti ini sebenarnya sangat menarik perhatian baik media maupun penonton.

    Mungkin poin ini masih bisa diperdebatkan, karena bagaimanapun kita tidak bisa selalu menjadi hitam dan putih karena berbagai faktor. Tetapi hal ini tetap tidak mengubah kenyataan bahwa teknik yang digunakan Jack Ma bisa mengukuhkan posisi kita dibandingkan memperdebatkan mana yang lebih bisa diterima. Jack Ma selalu jelas dalam menyampaikan sesuatu, "Lakukan ini!" atau "Jangan lakukan itu!" Dia tidak pernah menyarankan sesuatu yang bisa melawan pendapat yang disampaikan sebelumnya.

  7. 7 Kesimpulan

    Kemampuan untuk berbicara di depan umum mungkin bukan satu-satunya yang dibutuhkan untuk bisa berhasil di dalam dunia bisnis. Tetapi hal ini bisa memberikan perbedaan ketika dalam kondisi kalah atau menang dalam sebuah debat, atau ketika ingin menarik perhatian investor. Jadi, biarpun kamu tidak berada di depan banyak orang seperti Jack Ma, ingatlah, tidak ada panggung yang terlalu kecil atau terlalu besar untuk mencoba apa yang dilakukan oleh Jack Ma. 

    Tidak masalah jika kamu lebih mengidolakan Elon Musk atau Jeff Bezos, teknik dari Jack Ma tetap akan sangat berguna dalam kehidupanmu sehari-hari.


Like it? Share with your friends!

1
6 shares, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
1
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend