Elon Musk, Sang Founder Yang Hobi Liburan Panjang

Apa yang membuatnya berani untuk meninggalkan pekerjaan begitu lama?


Image Credit: http://www.vanityfair.com

Bukanlah hal yang aneh jika seorang founder perusahaan tidak mengambil cuti liburannya sebelum masa-masa kritis dalam bisnisnya dilewati. Tetapi, hal ini tidak berlaku untuk Elon Musk. 

Berkaca pada pengalaman, founder SpaceX dan Tesla ini pernah digulingkan dari posisinya di PayPal pada tahun 2000 di saat dia sedang liburan selama satu tahun. 

Ternyata hal ini masih juga tidak membuat Musk kapok. Setelah membangun SpaceX,  dia pernah mengambil cuti selama satu minggu penuh. Pada saat dia sedang cuti, roket yang diluncurkan oleh perusahaan tersebut ternyata meledak. “Inilah pelajaran yang didapat,” begitu Musk menjawabnya sambil bercanda.

Belum lama ini, dia masih mengulang kembali kebiasaannya liburan dan menjauh dari Tesla serta SpaceX untuk waktu yang lama, untungnya hingga saat ini tidak ada hal buruk yang terjadi.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana Musk bisa meninggalkan pekerjaannya begitu lama? Dari berita yang telah dirangkum oleh Inc. berikut ini adalah alasan mengapa seorang Elon Musk meninggalkan pekerjaannya dalam waktu yang lama.

  1. 1 Tim Yang Bisa Dipercaya


    Sangatlah sulit untuk bisa meninggalkan pekerjaan apabila kita tidak memiliki tim yang bisa dipercaya untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditinggalkan sementara waktu.

    "Prioritas saya saat ini adalah memperkuat jajaran management di dalam Tesla khususnya, agar saya bisa berlibur dengan tenang," begitu kata Musk di tahun 2015. Pada saat mendirikan perusahaannya, Musk selalu dikelilingi oleh banyak orang yang  kapanpun siap untuk menggantikan posisinya.

  2. 2 Lakukan Sesuatu Yang Membuatmu Bersemangat


    Jika bersantai di kursi membuat pikiranmu melayang kesana kemari, maka berhenti lakukan itu. Musk pernah berlibur ke Inggris di tahun 2015, saat itu dia tidak bersantai, melainkan berjalan-jalan di atas sayap pesawat yang sedang terbang. "Apa hal buruk yang mungkin bisa terjadi?" begitu tulisnya di instagram.

    Kamu tidak harus seperti Musk yang melakukan kegiatan berbahaya bahkan mengancam nyawa. Tetapi lakukanlah kegiatan yang bisa memacu adrenalin karena hal tersebut akan membantumu untuk berhenti memikirkan pekerjaan. Bahkan dengan melakukan kegiatan yang membuatmu berdebar, pikiran akan menjadi lebih tajam serta kreatif dan cepat menangkap hal yang dipelajari.

  3. 3 Menjauhlah Dari Kesibukan

    bgr

    Pada tahun 2008, Tesla hampir saja bangkrut, tetapi hal ini tidak mencegahnya untuk memperpanjang liburan. Hal ini dilakukan Musk karena dia sangat menghargai suasana baru yang dirasakannya.

    "Setelah kemerosotan yang terjadi di 2008, liburan seakan menjadi sebuah email dengan pemandangan. Tetapi SpaceX dan Tesla saat ini sudah cukup kuat untuk menjadi kenyataan," begitu yang ditulisnya di twitter pada tahun 2012. Jika meninggalkan kesibukan bisa memicu sebuah kesenangan dari Elon Musk, tentu hal ini patut dicoba oleh kita.

  4. 4 Tidak Bisa Kabur Dari Pekerjaan? Perpanjang Perjalanan Bisnis Menjadi Liburan


    Pada bulan April lalu, Musk sempat pergi ke Australia dengan kekasihnya, Amber Heard dan kedua anak mereka. Walaupun banyak menghabiskan waktu untuk berlibur, tetapi sebenarnya Amber Heard pergi ke Australia untuk shooting film yang diperankannya yaitu Aquaman. Sementara itu, Musk juga pergi ke sana untuk menyelesaikan sebuah perjanjian kerja sama dengan pihak Australia untuk membuat baterai lithium-ion dalam waktu 100 hari guna menyelesaikan permasalahan kekurangan daya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
3
Terinspirasi

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend