Budi Oktaviyan, Engineering Manager Bhinneka.com: Anak Muda Jangan Hanya Kejar Gaji!

Kenalan yuk dengan profesi Engineering Manager, Mobile Engineering Team di Bhinneka.com


Profesi sebagai mobile developer saat ini adalah salah satu yang paling dicari. Alasannya, hampir semua orang memiliki smartphone baik yang berbasis android maupun iOS. Berbagai aplikasi yang dibuat untuk smartphone saat ini sangat membantu kehidupan. Hanya melalui sentuhan jari, mulai dari bekerja, cari makan, belanja, transportasi, bahkan menjaga keehatan bisa dilakukan melalui smartphone.

Ditemui pada saat menjadi narasumber pada acara Ngabuburit Developer di 'Developer Talks by Techinlabs, Budi Oktaviyan yang saat ini berprofesi sebagai Engineering Manager, Mobile Engineering Team di Bhinneka.com membagikan ceritanya tentang profesi yang dijalani saat ini.

Budi memiliki tugas untuk mengelola tim dalam mengembangkan aplikasi mobile untuk platform android, iOS, dan hybrid platform. Setelah itu, tim yang dibuat ini akan ditugaskan untuk tiga platform bisnis utama Bhinneka yaitu B2B, B2C, dan B2G. 

Bhinneka.com memang terkenal sebagai online store yang menyediakan berbagai perangkat IT dan teknologi. Hingga saat ini Bhinneka masih sangat kuat bersaing dengan e-commerce lainnya dikarenakan jenis bisnis mereka yang berbeda. Saat ini bisnis Bhinneka dengan terbagi pada segmen pemerintah (B2G) mengusai porsi 50% dari keseluruhan, B2C hanya 25% dan sisanya B2B. Selain penjualan melalui online, Bhinneka juga memiliki beberapa toko offline yang tersebar di Jakarta dan Surabaya.

Sebelum bekerja di Bhinneka, Budi sempat bekerja di Go-Jek selama 2 tahun. Selanjutnya dia pindah ke Bhinneka untuk menjadi Engineer Mobile Apps iOS. Ada sebuah cerita menarik yang mengiringi perjalan karir Budi. Tidak lama setelah bergabung dengna Bhinneka, ternyata manager tim nya pindah ke bagian R&D dan menyebabkan posisi tersebut kosong. Selanjutnya, Budi mengikuti proses fit and proper test untuk posisi manager dan ternyata dia berhasil mendapatkannya. Jabatan ini dia dapatkan hanya 2 bulan setelah bergabung dengan Bhinneka dengan mengalahkan beberapa kandidat lainnya.

Budi berpesan, "Bagi kamu yang baru memulai karir terutama di bidang IT, jangan menyerah walaupun saat ini masih belum menemukan pekerjaan yang cocok ataupun gaji yang belum memuaskan. Yang terpenting, jangan hanya bekerja untuk gaji, tapi tingkatkan terus kemampuan. Karena nantinya, gaji akan mengikuti skill yang kamu miliki". 

Harapan Budi terhadap generasi muda, akan muncul semakin banyak developer baru yang mengembangkan teknologi dan startup. Dengan demikian, para developer ini juga akan semain terbuka dan berkembang lebih jauh karena profesi developer saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
6
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend