Zhang Yiming, Seorang Miliarder Asal Tiongkok Di Balik TikTok

TikTok telah menjadi sensasi di internet sejak diluncurkan pada tahun 2016


Sumber Gambar: Business Insider

TikTok telah menjadi sensasi di internet sejak diluncurkan pada tahun 2016, karena telah menjangkau lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan global dan menarik perhatian teknologi terbesar seperti Facebook dan Google. Tetapi Zhang Yiming dimana adalah pendiri miliarder di belakang TikTok dan perusahaan induknya ByteDance, jauh kurang terkenal daripada platform video yang menjadi aplikasi paling banyak diunduh di dunia ini.

Dilansir dari Forbes.com diperkirakan kekayaan bersih Zhang adalah sejumlah $ 16,2 miliar, dan menjadikannya orang terkaya ke-9 di Cina pada peringkat miliarder real-time Forbes; Zhang memiliki sekitar 24% dari ByteDance. Pria 35 tahun ini telah mengalami kenaikan bintang sejak mendirikan ByteDance pada tahun 2012, yang membuatnya masuk di daftar the Forbes China 30 Under 30 list pada tahun 2013. Secara keseluruhan perusahaan yang berbasis di Beijing ini telah mengumpulkan $ 7,5 miliar, dengan investor menilai perusahaan di $ 75 miliar, menurut Pitchbook.

Zhang lahir pada tahun 1983 di provinsi Fujian di Cina, menurut Bloomberg Billionaires Index. Orang tua Zhang bekerja sebagai pegawai negeri.

Zhang mendirikan perusahaan TikTok pada tahun 2012.

Perusahaan ini sekarang bernilai $ 75 miliar, menurut Pitchbook, menjadikannya perusahaan swasta paling berharga di dunia.

Menurut Business Insider perusahaan ini memiliki beberapa aplikasi jejaring sosial yang beroperasi di China. Perusahaan ini merilis saingan WeChat bernama FlipChat, dan aplikasi pesan video bernama Duoshan pada tahun 2019.

Zhang, seorang Software Engineer yang lulus dari Universitas Nankai di Tianjin, mendapatkan pendanaan pada Juli 2012 ketika perusahaan mengumpulkan $ 5 juta dalam putaran pendanaan Seri A dari investor miliarder Yuri Milner dan Susquehanna Investments, yang memberikan kontribusi $ 10 juta pada 2013.

Tahun berikutnya, ByteDance mendapatkan $ 100 juta dalam putaran Seri C dari perusahaan modal ventura Sequoia Capital China. Kesepakatan itu dihargai perusahaan sebesar $ 500 juta - tapi itu baru permulaan bagi Zhang. Tiga tahun kemudian, pada 2017, aplikasi andalannya Toutiao - layanan agregasi berita yang populer di kalangan pengguna yang lebih muda - telah menjadi aplikasi berita yang paling banyak diunduh di iOS App Store di Cina. 

Dua putaran pendanaan pada bulan April dan Desember 2017, juga dipimpin oleh Sequoia Capital China, mendorong penilaian ByteDance ke $ 20 miliar. Zhang memulai debutnya di daftar Billionaires Forbes World pada Maret 2018 dengan kekayaan bersih $ 4 miliar.

Sejak meluncurkan TikTok di pasar internasional pada akhir 2017, popularitas aplikasi telah meroket, mencapai tonggak sejarah 500 juta pengguna aktif global pada Juli 2018. Tiga bulan kemudian, ByteDance yang dimiliki secara pribadi mengumpulkan lebih banyak dana yang bernilai perusahaan sebesar $ 75 miliar, sebuah langkah yang melipatgandakan kekayaan bersih Zhang dan membuatnya menjadi orang terkaya Tiongkok.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend