Yuk Optimalkan Profile LinkedIn-Mu Sekarang!

Optimalkan LinkeIn untuk karir yang lebih baik


1
Share via
1 share, 1 point

LinkedIn adalah jejaring sosial profesional dimana kita dapat terhubung dengan orang-orang yang pernah bekerja bersama, menjangkau orang-orang yang ingin diajak bekerja bareng, menelusuri postingan pekerjaan, hingga membaca artikel terkait pekerjaan dari perusahaan atau orang yang kamu kagumi. Tetapi yang lebih penting, LinkedIn adalah ruang untuk pekerjaan dan minat profesional yang digunakan untuk mengembangkan karir.

LinkedIn juga tempat terbaik untuk mendokumentasikan semua pengalaman kerja, pendidikan, kursus, atau keterampilan dan keahlian yang diperoleh pada pekerjaan atau dalam ekstrakurikuler selama kuliah. Kamu pasti tahu betapa sulitnya ketika harus menuliskan pengalaman ke dalam CV bukan? Fitur profile LinkedIn memungkinkan kamu untuk memberikan tampilan pengalaman dengan bagus sehingga dapat fokus pada keahlian dan pengalaman yang paling penting (dan sejalan dengan tujuan karir).

  1. 1 Gunakan Foto Yang Profesional


    Tidak seperti CV yang kurang lebih semuanya terlihat sama di meja rekruter, profil LinkedIn memungkinkan untuk terlihat lebih menarik. Cara pertama dan termudah untuk memanfaatkannya adalah dengan menambahkan foto profesional ke halaman LinkedIn kamu. Manfaatkan studio foto untuk mendapatkan hasil yang profesional. Pakailah baju yang rapi dan profesional misalnya memakai blazer atau jas untuk laki - laki.

  2. 2 Tambahkan Kata Kunci/Keywords


    Jauh sebelum memposting lowongan pekerjaan di LinkedIn dan di tempat lain, banyak perekrut perusahaan yang mengintip dan melihat apakah ada profil yang cocok dengan yang mereka cari. Rekruter akan mencari LinkedIn dengan kata kunci atau keyword tertentu. Artinya, dengan menambahkan keyword ini ke ringkasan profil, profile kamu akan menjadi salah satu yang muncul dari hasil pencarian. 

    Bagaimana caranya? Mulailah dengan mencari akun LinkedIn kamu. Cari judul pekerjaan yang diinginkan dan cari profil lain yang muncul. Lihatlah lowongan pekerjaan untuk posisi serupa di bidang yang kamu tekuni. Kata kunci apa yang muncul berulang kali? Dari hasil ini, coba gunakan keywords tersebut di profile kamu.

  3. 3 Tulislah Summary Yang Menarik


    Sering sekali, kita melihat orang - orang yang melewatkan bagian summary mereka atau bahkan tidak membuat summary. Bagian summary adalah salah satu cara untuk mempercantik profil dan membuat kamu mudah diingat oleh rekruter. Fokuslah untuk mempromosikan diri, terutama melalui skill dan pengalaman yang membuat anda berbeda. Misalnya kamu tertarik dengan hal apa? Apa yang akan kamu lakukan di masa mendatang? Jika summary  kamu menarik maka rekruter pasti akan melihat profil kamu.


Like it? Share with your friends!

1
Share via
1 share, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
2
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend