Yuk Kenalan Dengan Cryptocurrency!

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang digital yang didesain untuk keamanan menggunakan konsep cryptography yang hampir tidak bisa dipecahkan atau dilacak


2
1 share, 2 points

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang digital yang didesain untuk keamanan, dan pada umumnya anonim.

Mata uang tersebut diasosiasikan dengan internet yang menggunakan konsep cryptography, yaitu proses pengubahan sebuah informasi menjadi kode yang hampir tidak bisa dipecahkan dan dilacak, untuk pembelian dan transfer.

Gambar diatas adalah awal mula terciptanya mesin cryptography modern yang pada awalnya digunakan untuk kerahasiaan komunikasi dan informasi pada masa perang dunia kedua. Metode tersebut kemudian berkembang di era digital dengan keterlibatan teori matematika dan ilmu komputer yang akhrinya diterapkan pada keamanan komunikasi, informasi, dan keuangan online.

Cryptocurrency yang pertama kali dibuat adalah bitcoin, yang diciptakan pada tahun 2009 dan masih tetap menjadi yang terbaik. Semenjak bitcoin, terjadi perkembangan pesat pada cryptocurrency dalam satu dekade terakhir. Hingga saat ini ada lebih dari 900 jenis cryptocurrency yang beredar di internet.

Bagaimana Cara Kerja Cryptocurrency?

Cryptocurrency menggunakan teknologi yang tidak terpusat hanya ke satu server saja. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan transaksi dan penyimpanan uang tanpa perlu menggunakan nama, bahkan tanpa perlu melalui bank. Semua transaksi dan penyimpanan dicatat dan diperbarui dalam sebuah sistem yang disebut blockchain, yaitu sebuah catatan dari semua transaksi para penggunanya.

Apa Saja Jenis Cryptocurrency yang Umum Ditemukan?

jenis-jenis cryptocurrency
Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency yang pertama kali diciptakan dan yang paling umum digunakan. Mata uang ini dikembangkan di tahun 2009 oleh seorang misterius beraliaskan Satoshi Nakamoto. Bitcoin memiliki kapitalisasi pasar sekitar 45 miliar dolar atau hampir 600 triliun rupiah per Juli 2017.

Ethereum

Dikembangkan pada tahun 2015, ethereum adalah mata uang digital kedua terpopuler setelah bitcoin. Ethereum telah mencapai kapitalisasi pasar sekitar 18 miliar dolar per Juli 2017. Namun perjalanan ethereum tidaklah indah. Setelah mengalami hack besar-besaran pada tahun 2016, ethereum terbagi menjadi dua mata uang, sedangkan nilai tukarnya merosot drastis dari semula mencapai $400 menjadi hanya 10 sen.

Ripple

Ripple yang diciptakan pada tahun 2012 tidak hanya bisa digunakan sebagai cryptocurrency, tapi juga digunakan oleh beberapa bank termasuk Santander dan UBS dan telah mencapai kapitalisasi pasar sekitar 6.3 miliar dolar.

Litecoin

Mata uang ini sangat mirip dengan bitcoin, tapi bergerak lebih cepat dalam inovasinya, termasuk proses pembayaran yang lebih cepat dan berbagai proses lainnya yang memungkinkan transaksi lebih banyak dilakukan. Namun total nilai yang dicapai oleh litecoin berada jauh dibawah bitcoin, yaitu sekitar 2.1 miliar dolar saja.


Like it? Share with your friends!

2
1 share, 2 points

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
3
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend