Visual Oke tanpa Caption Menarik, Hampa Rasanya!

Instagram tidak hanya berkaitan dengan visual tapi menambahkan teks yang menarik merupakan cara efektif untuk meningkatkan keterlibatan follower saat ini


Bicara instagram bukan hanya sekedar visual yang menarik tapi bagaimana kita bisa membawa followers untuk memahami pesan yang ingin kita sampaikan dalam setiap postingan. Oleh karena itu, caption sangatlah membantu untuk menyampaikan pesan tersebut. Saat ini sistem pemasaran di Instagram tidak hanya berkaitan dengan visual tapi menambahkan teks yang menarik merupakan cara efektif untuk meningkatkan keterlibatan follower.

Instagram memang media sosial dengan fitur mengunggah gambar atau foto yang tak hanya indah saja namun caption atau tulisan. Caption juga berguna untuk mengajak dan berinteraksi dengan followers kamu.  Manfaatkan caption instagram untuk menunjukan karakter brand sehingga brand mudah dikenal, menyertakan ajakan untuk bertindak dan berinteraksi, dan memperoleh follower baru dari hashtag.

Inilah 5 tips membuat caption menarik untuk postingan instagram :

Kenali brand dan followers 

Mengenali brand dan followers dalam membuat caption menjadi langkah awal bagaimana kita dalam membuat caption. Beberapa pertanyaan yang membantu mengenal karakter brand dan followers :

  • Seperti apa karakter brand kamu ?
  • Siapakah pelanggan ideal  brand kamu?
  • Postingan seperti apa yang di inginkan oleh followers ?

Karakter brand yang oldschool akan membawa gaya caption yang berkarakter oldschool atau caption puitis dan filosofis juga tak lepas dari karakter brand itu sendiei. Jadi, caption yang dibuat bisa konsisten dan punya ciri khas disesuaikan dengan brand dan followers instagram brand kamu. Selain itu caption perlu memunculkan nilai lebih pada brand dan memberi informasi yang jelas dari setiap konten yang kita posting.

Buat caption penuh makna secara singkat

Kebanyakan followers lebih suka dengan caption,padat dan bermakna yang dirasakan followers. Followers yang merasa "wah gue banget nih" , menunjukan bahwa caption dan visual yang disajikan tersampaikan pesan/makna nya. Apalagi kecenderungan pengguna sosial media saat ini berkarakter cepat dan efisien secara waktu akan lebih efektif apabila dibantu caption singkat. 

Tapi bukan berarti caption yang panjang itu tidak baik. Konten tertentu tidak salah jika menggunakan caption yang panjang. Hal ini bertujuan agar pesan dari konten tersebut tersampaikan secara mendalam. 

Kamu bisa memancing reaksi pengguna instagram saat membaca caption postinganmu dengan tulisan yang terputus seperti "see more", menggunakan tanda tanya diakhir dan memanfaatkan emoji. Inti dari sebuah caption adalah pada informasi dan makna yang dapat tersampaikan dengan baik. Sehingga bisa mengundang like dan followers yang banyak.

Masukkan Informasi Terpenting di Awal Caption

Sebaiknya kamu menulis informasi atau bagian terpenting dari caption kamu di awal kalimat saja. Tujuannya jika caption lebih dari 3-4 baris, followers kamu akan menangkap pesan dari caption yang kamu tulis. Karena untuk membaca caption yang panjang harus  meng-klik more terlebih dulu agar keseluruhan caption dapat terbaca.

Hashtag penting, tapi jangan berlebihan ya!

Hashtag sesuai dan simple terlihat elegant status pada caption kamu dan mempermudah menemukan postingan saat orang mencari melalui hashtag itu. Jika konten dan caption terlihat menarik dia akan like dan mungkin akan ikut mengomentari postingan bahkan bisa memfollow akun brand kamu. Hashtag yang relevan dengan foto yang kamu post idealnya berjumlah 1-4 hashtag, karena jika banyak-banyak akan tidak efektif  dan terlihat berantakan.

Call-to-Action (CAT) itu penting

Call-to-Action atau CAT adalah kalimat yang mengajak followers untuk melakukan sesuatu. Hal tersebut bisa mengajak seseorang untuk membagikan foto atau informasi yang kamu ingin sebarkan ke banyak orang. Banyak cara menggunakan CAT seperti :

  • Kamu bisa mengatakan “Double-tap kalau menurut kamu ini lucu” atau “Kamu bisa membagikan cerita yang sama di kolom comment.”
  • Gunakan pertanyaan untuk memancing orang-orang untuk memberikan komen. Misalnya, “Pantai selalu menjadi pilihan utama aku kalau aku sedang suntuk. Kalau kamu biasanya kemana?”
  • Gunakan cara tag friends untuk menyebarkan foto kamu. Misalnya kamu mengunggah foto di hari Valentine dengan keluarga kamu, kamu bisa menulis caption seperti ini, “Menghabiskan hari kasing sayang ini dengan orang tersayang. Tag seseorang yang bersama kamu di hari spesial ini”
  • Buat kamu blogger atau youtuber, kamu juga bisa mempromosikan channel kamu di Instagram, dengan cara mengajak mereka langsung ke link yang ada di bio atau mengajak langsung untuk mengunjungi website atau channel kamu. Misalnya, “Aku baru saja mengunggah video terbaru, langsung aja check di link bio aku.”


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

debrazuan

Text Trooper

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend