sumber gambar: https://unsplash.com
Adanya pandemi Covid-19 memaksa pemilik resto atau pebisnis kuliner untuk berpikir kembali dalam menjual produknya. Adanya himbauan untuk tidak melayani makan ditempat, tentunya mempengaruhi sistem bisnis yang biasa dilakukannya.
Resto yang semula memfasilitasi konsumen untuk makan langsung di tempat kini harus beralih pada layanan take away atau menjual produk frozen food. Adanya perubahan sistem penjualan tentunya akan berpengaruh kepada sistem lainya seperti sistem produksi, pemasaran, dan distribusi.
Dari sistem produksi sendiri ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti jaminan rasa dan ketahanan dari produk yang perlu dipikirkan secara detail, agar ketika sampai kepada konsumen tidak mengurangi kualitas rasa dari produk tersebut. Kemudian dari sisi pemasaran tentunya harus bisa mengoptimalkan pemanfaatan sosial media, e-commerce atau marketplace sehingga memudahkan untuk menjangkau konsumen. Tidak hanya itu keamanan distribusi perlu diperhatikan, penting untuk memastikan produk sampai pada tangan konsumen dalam keadaan yang baik.
Berikut ini merupakan contoh resto yang menyediakan frozen food dengan sistem yang telah dipersiapkan dengan baik:
Keadaan yang terjadi saat ini membuat kita mau tidak mau mengupgrade kemampuan terhadap dunia digital. Sisi positif dari adanya transformasi bisnis ini adalah, perusahaan memiliki strategi dan sistem bisnis yang baru sehingga dapat tetap beroperasi selama Pandemi Covid-19. Selain itu adanya transformasi dari offline ke online juga berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan di era teknologi saat ini dan masa mendatang.
Saaat ini bisnis memang menjadi tantangan diera pandemi ini, dimana daya beli masyarakat sangat menurun akibat PSBB. http://news.unair.ac.id/2020/05/22/pakar-bisnis-unair-sebut-surfer-sebagai-prinsip-bisnis-di-tengah-pandemi/