Tips Sederhana Benahi Perusahaan Melalui Organisasi Yang Sehat

Masalah yang terjadi di perusahaan sering kali dimulai dari masalah kecil yang terjadi antar karyawan.


Topik mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) selalu menjadi perdebatan favorit. Menurut kamu, bagaimana sebuah divisi Human Resource di kantor dapat berperan untuk mengurangi kerugian terkait dengan model operasi, proses, serta sistem kerja yang ada?

Menurut  inc. (21/6/2017), sebuah organisasi dengan sistem yang sehat ternyata sangat menentukan seberapa efisien pekerjaan dapat dilakukan. Permasalahan besar yang terjadi di dalam perusahaan selalu diawali dengan masalah kecil yang tidak kunjung diselesaikan. Dan ketika sebuah masalah terjadi, singgungan antar karyawan juga biasanya turut  mengikuti. 

Agar bekerja dalam tim bisa menjadi lebih efisien dan bekerja dengan cerdas, berikut ini adalah beberapa saran agar sistem organisasi perusahaan bisa lebih sehat.

  1. 1 Sistem Baru Tidak Dimulai Dengan Berakhirnya Sistem Lama


    Berhenti lebih sulit dibandingkan dengan memulai. Alhasil, ketika sistem baru diterapkan, sistem lama masih tetap membayangi. Seharusnya, ketika sistem baru diterapkan, sistem lama harus dihentikan terlebih dahulu. Sebelum ada yang menghentikannya, maka para karyawan akan tetap menggunakan sistem lama yang pasti lebih nyaman bagi mereka.

  2. 2 Konsisten Pada Sistem Baru


    Manusia adalah mahluk kebiasan. Jika tidak berkomitmen pada strategi yang baru, maka kebiasaan lama pasti akan kembali lagi. Sediakan pelatihan yang cukup, berikan bonus atau hadiah, dan ajak para karyawan untuk turut serta didalam proses menemukan masalah serta solusi agar mereka menjadi bagian dari sistem.


  3. 3 Hilangkan hal-hal yang tidak diperlukan


    Prosedur yang tidak efisien merupakan hasil dari kurangnya pelatihan yang memadai. Terkadang, kita harus membongkar terlebih dahulu sistem yang telah ada. Mulailah dengan menelusuri apa yang dianggap tidak perlu sehingga membuat sistem yang berjalan tidak efisien. 

    Sebelum memutuskan untuk merubah sistem operasi perusahaan, kita harus berfokus untuk membenahi organisasi. Karena sebuah sistem yang dianggap tidak efisien harus diperbaiki dan dibersihkan dari yang paling inti.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

yooreka

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend