Tips Mengelola Uang Dengan Gaji Dibawah 4 Juta

Mulailah dengan niat dari dalam diri.


Banyak yang menyarankan bahwa setidaknya kita bisa menabung 30% dari gaji bulanan. Tapi jika gaji kamu masih dibawah 4 juta sepertinya akan sulit dilakukan. Kamu harus tetap bisa menabung walaupun memang gaji pas pasan. Ada beberapa tips agar kamu bisa mengelola gajimu dengan baik, kamu akan tetap bisa menabung dan bisa memenuhi kebutuhanmu dalam sebulan.

  1. 1 Utamakan Menabung


    Ketika kamu menerima gaji, baiknya kamu langsung pisahkan untuk ditabung terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan sisanya untuk kebutuhan lain. Jika kamu belum sanggup untuk menyisihkan 30% kamu bisa menabung sebesar 10% dari gajimu. Itu akan jauh lebih baik daripada kamu tidak menabung sama sekali.

    Cobalah membuat rekening khusus untuk menabung, lalu simpan ATM tersebut dirumah agar uang tersebut tidak terpakai untuk belanja - belanja yang tidak penting.

  2. 2 Cari Alternatif Kebutuhan Operasional


    Dana operasional seperti biaya transportasi setiap hari, makan, hiburan, dan belanja bulanan, mungkin ada beberapa hal yang bisa kamu kurangi agar bisa dimasukkan ke tabungan.

    Contohnya jika kamu terbiasa membawa mobil setiap hari ke kantor, hitunglah pembayaan pengeluaran besinmu, parkir, dan tol setiap bulannya. Bandingkan jika kamu menggunakan transportasi umum atau transportasi online seperti GoJek atau Grab.

    Atau kamu tetap bisa membawa kendaraan pribadi ke kantor tapi ada baiknya jangan setiap hari. Cukup bawa kendaraanmu jika memang perlu pergi ke beberapa tempat berbeda atau membawa barang yang berat dan banyak. Pokoknya, minimalisir membawa kendaraan pribadi ke kantor.

  3. 3 Efisiensi Biaya Nongkrong


    Kalau pengeluaran bulanan kamu banyak berasal dari biaya nongkrong di cafe atau bar. Baiknya kamu HARUS mengubah kebiasaan. Bukan berarti kamu harus berhenti nongkrong tetapi cobala pilih tempat yang cenderung lebih murah. Kalau perlu, makanlah sebelum kamu berangkat jadi kamu tak perlu membeli makanan di tempat nongkrong kamu. Kamu juga bisa membawa botol minum sendiri agar kamu tidak perlu beli minum.

    Atau kamu bisa kumpul bersama teman di rumahmu atau dirumah salah satu temanmu, kamu bisa menghabiskan waktu dengan nonton film bersama atau sekedar masak – masak bersama.

  4. 4 Hindari Kartu Kredit


    Kalau kamu merasa gaji kamu masih kurang, sebaiknya jangan atau bahkan hentikan saja kartu kredit kecuali untuk transaksi berbonus atau transaksi online yang tagihannya masih sanggup kamu lunasi 100%.

    Hati – hati jangan sampe terjebak masalah terlilit hutang kartu kredit. Ini biasanya terjadi kalau amu menganggap kartu kredit adalah uang tambahan yang bisa kamu pakai disaat kamu tak punya uang atau sedang ingin membeli barang mahal yang tak sanggup kamu beli.

    Ingat, kamu bukan saja harus membayar hutang hingga berbulan – bulan bahkan bertahun – tahun setelahnya tapi kamu juga harus membayar bunganya yang bisa semakin membengkak hingga jutaan jika kamu tak pernah bayar tagihan kartu kredit sampai lunas.

    Nah itu dia beberapa tips mengelola uang untuk gaji dibawah 4 juta, semoga bermanfaat dan bisa langsung kamu terapkan karena semua cukup mudah bukan? Asal ada niat dari kamu sendiri. Selamat mencoba!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend