Tips Keuangan Untuk Anak Kos

Tips anti boros, bisa menabung untuk anak kos.


Untuk menjadi anak kos pastinya kamu harus menjadi lebih mandiri dari segi kehidupan sehari hari hingga mengatur keuangan. Mulai dari mengatur tempat tinggal, makanan, hingga kebutuhan sehari hari pastinya harus terpenuhi.

Tak jarang anak kos di cap cukup menyedihkan karena dikenal selalu bermasalah dalam keuangannya. Apalagi untuk anak kos yang masih bergantung dengan kiriman orang tua. Sampai tengah bulan pun, pastinya merasa harap-harap cemas menunggu kebaikan hati orang tua.

Sama halnya dengan anak kosan yang sudah memiliki kerjaan dan penghasilan sendiri. Ditambah lagi jika gaji tidak sebesar yang diharapkan. Pastinya ketika akhir bulan juga terasa berat menunggu hari gajian.

Jadi seorang anak kos yang masih di subsidi orangtua atau yang sudah bekerja, pasti setiap bulannya merasakan masa kritis. Dimana sering terjadi kebobolan dan kehabisan yang ketika kiriman bulanan atau gajian masih jauh dari jadwalnya.

Bisa dimaklumi jika itu terjadi dibulan bulan awal saja. Tetapi jika hampir setiap bulan mengalaminya, pasti ada sesuatu yang salah terjadi..

  1. 1 Bikin Anggaran Perbulannya


    Agar gajimu atau uang bulananmu tidak habis ngga jelas, kamu harus anggarkan tiap bulannya kamu bisa rincikan kebutuhanmu setiap bulannya. Sehingga ketika gaji atau uang bulananmu sudah ada kamu bisa langsung pisahkan berdasarkan kebutuhanmu, misalnya untuk makan, transportasi, bayar tagihan spotify netflix internet, biaya belanja bulanan, dll.

  2. 2 Belanja Bulanan Sekaligus


    Hindari belanja bulanan yang sedikit-sedikit, kamu bisa langsung membeli stock bulanan sekaligus dimana kamu bisa membli kebutuhan sebulan penuh hanya sekali misalnya peralatan mandi, makanan tahan lama, camilan, dan sebagainya.

    Jangan lupa catat terlebih dahulu apa saja kebutuhanmu untuk dibeli sehingga tidak melakukan pemboros dengan membeli hal-hal yang tidak penting.

  3. 3 Rutin Menabung


    Nah seperti di poin satu tadi. Kamu harus sudah anggarkan ini sejak awal dimana saat gaji sudah masuk kamu sudah harus pisahkan uang untuk menabung. Kamu bisa sisihkan 5-10% dari uang bulananmu untuk menabung. Wawalupun hanya sedikit, lama-lama menjadi bukit.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend