Tips dan Trik Perjalanan Singkat!

Memiliki waktu dua hari dalam seminggu untuk manjakan diri dengan travelling bukan hal yang buruk. Asal bisa membuat rencana tersebut sesuai dengan tujuan dan budget


Halo, guys! Selamat hari Jumat! Selamat travelling, yaa..
Siapa di sini yang kalau Jumat tuh moodnya bagus terus?? Sama saya juga! Hahaha. Karena ini Jumat, otomatis besok adalah weekend alias akhir pekan. Itulah sebabnya kalian (juga saya) senang menghadapi hari Jumat. Berbeda sekali ketika kita menghadapi hari Senin, bukan? Tak sedikit orang-orang yang menunggu Jumat karena pada hari Sabtu atau Minggu mereka telah memiliki rencana sendiri. Ada yang keluar kota atau mungkin tetap stay di dalam kota tapi menjelajah berbagai tempat di kotanya tersebut. Misalnya ke museum, tempat rekreasi dll.

Nah, apakah kalian sudah memiliki agenda untuk melewati akhir pekan, guys? Kalau sudah atau baru mau merencanakan, saya mau kasih beberapa tips nih untuk kalian semua, supaya rencana jalan-jalan kalian semakin bulat, matang dan pastinya bisa menekan budget!

1. Cari tahu tujuan travelling

Walau kemungkinan besar rencana travelling kalian cuma dua hari, mencari tujuan yang fix kemana akan pergi adalah hal cukup penting, lho! Setidaknya kalian membuat opsi tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi agar punya bayangan dan rencana kecil. Misalnya mau ke wisata alam, atau tempat-tempat bersejarah. Lalu perhatikan juga tempat-tempat terdekatnya misal lokasi untuk mencari makan, penginapan dan lain sebagainya.

2. Cari Teman Perjalanan  Yang Satu Visi Misi

Percaya atau tidak, menurut pengalaman pribadi saya, jalan-jalan dengan orang yang satu visi dengan kita itu suatu anugrah. Karena selain bisa bertukar pikiran mengenai destinasi perjalanan, teman yang satu pikiran akan membantu kita menemukan hal-hal baru selama perjalanan berlangsung.

Bonusnya, kamu juga bisa mengatur keuangan agar lebih terstruktur. Teman yang satu visi misi dengan kamu pasti akan paham bagaimana mengatur keuangan sesuai budget kalian. Misalnya kalian sedang ingin perjalanan yang tidak terlalu mewah, dengan penginapan yang kelas biasa saja hingga makan di angkringan. Sangat membantu sekali. Beda lagi ceritanya jika kalian sedang ingin perjalanan yang “luar biasa’.

3. Rajin Cek Promo TiketIni nih yang hampir setiap hari kalian lakukan, ‘kaan? Saya yakin buat yang sudah butuh sekali refreshing pasti sampai nggak bosan buat cek-cek tiket promo  semua moda transportasi. Mulai dari darat, laut hingga udara. Itu wajar sekali, gengs! Karena promo tiket adalah kawan baik buat kita yang memang sedang merencanakan perjalanan. Ini berlaku biasanya untuk perjalanan luar kota yang agak jauh, ya. Kalau cuman ke Bogor atau Bandung sih bisa pakai kendaraaan pribadi. Hahaha..

Tapi kalau saya saranin, jangan mencari tanggal-tanggal atau waktu high season alias waktu dimana banyak orang berlibur juga. Otomatis harga tiket pasti pada mahal, apalagi jika libur panjang alis tanggal merah-yang-sekalian. Cepat-cepat ganti hari lain saja, deh!

Saran dari saya kalau kalian perginya berdua saja, bisa menggunakan opsi penyewaan motor agar bisa lebih menghemat pengeluaran. Menurut pengalaman saya sebagai pengguna motor bebek, menggunakan motor bebek itu sangat irit bensin sekali dibanding dengan motor matic jaman sekarang. Tapi pastikan kepada pihak penyewa untuk memberikan motor bebek yang masih sehat, yaa.

4. Buat Rincian BiayaIni dia yang paling penting dari semuanya. Rincian biaya dibuat untuk mengatur keuangan dan menghindari kalian dari pengeluaran tidak perlu. Pastikan budgeting kalian untuk hal penting dan utama dulu seperti transportasi, akomodasi, makan, tempat menginap. Jangan lupa juga lebihkan uang di luar budgeting  kalian untuk berjaga-jaga.

Saya pribadi menyukai hal yang jelas dari berbagai aspek. Termasuk soal travelling. Walaupun travelling-nya hanya dua hari di akhir pekan. Jadi kalau diajak jalan-jalan namun tidak ada itinerary-nya, ya saya akan minta. Atau minimal ada omongan akan menuju kemana saja perjalanan tersebut. Selain kejelasan, itinerary  bisa membantu kita untuk mengatur keuangan perjalanan.

Jika kalian sama seperti saya ada baiknya dipastikan dulu itinerary-nya. Agar sama-sama jelas dan enak. 

Itulah empat poin penting versi saya untuk merencanakan perjalanan dalam waktu singkat di akhir pekan. Walau hanya dua hari, namun jalan-jalan di sela kepenatan setelah kegiatan padat kalian, bisa membuat pikiran sedikit lebih fresh, lho! Jadi, tak apa sesekali manjakan diri kamu dengan jalan-jalan. Jangan kerja terus!

refrensi :

https://mainasik.com/8-tips-trik-traveling-dengan-budget-murah-dan-menyenangkan.html


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

heymeiris

Letter Warrior

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend