Tips Agar Kemampuan Problem Solving Meningkat

Kemampuan menyelesaikan masalah bisa dipelajari dengan tips dan kebiasaan yang tepat


Untuk bisa bertahan dalam dunia kerja, salah satu skill yang paling dibutuhkan adalah problem solving atau kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Sebetulnya tidak hanya di bidang karir saja, tapi kemampuan dalam menentukan pilihan untuk menyelesaikan sesuatu pasti kamu lakukan setiap hari. Mulai dari menentukan pakaian, makan siang, pilihan transportasi, dan juga ‘masalah’ lain yang muncul sehari-hari. 

Sebenarnya kemampuan problem solving muncul seiring dengan kemampuan kamu untuk mengenali sebuah masalah. Setelah itu kamu bisa menentukan solusi apa yang paling baik untuk menghadapinya. Masih bingung? Ada tips mudah yang bisa kamu pelajari untuk mengasah kemampuan problem solving.

  1. 1 Ubah Mindset


    Kebiasaan banyak kita ketika menghadapi masalah biasanya takut atau lari. Padahal jika kita bisa mengubah mindset dan memandang masalah sebagai kesempatan untuk berkembang, kita pasti akan lebih tenang dalam menghadapinya. Tapi memang mengubah mindset bukan perkara mudah yang bisa diselesaikan dalam waktu semalam. Butuh proses dan kebiasaan untuk bisa memilikinya.

  2. 2 Bertanya Untuk Mencari Solusi


    Dari pada hanya sekedar bingung, ketika menghadapi masalah cobalah untuk bertanya tapi dengan tujuan mendapatkan solusi. Misalnya saja kamu sedang menghadapi kesulitan, dari pada mencari kesalahan, mulailah untuk bertanya bagaimana caranya untuk bisa menyelesaikannya. Cobalah untuk mulai melihat kompetitor, orang lain, atau mereka yang bisa kamu jadikan acuan dalam menemukan solusi.

  3. 3 Pendekatan Bertahap


    Ketika menghadapi sebuah masalah, mulailah untuk memecah permasalahan menjadi lebih rinci untuk menemukan penyebab dan faktor yang mempengaruhinya. Dengan demikian, kamu akan menemukan bagian mana yang harus diselesaikan dan solusi seperti apa sehingga waktu yang dikeluarkan juga akan menjadi lebih efisien.

  4. 4 Minta Bantuan


    Jika kamu merasa masalah yang dihadapi terlalu berat dan kamu tidak bisa menyelesaikannya, mintalah bantuan kepada orang lain. Jangan hanya memendam dan memikirkan masalah sendirian. Carilah orang yang tepat dan memiliki kemampuan untuk bisa membantu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Pendapat dari sudut pandang yang berbeda biasanya akan membantu kamu untuk menemukan solusi yang tidak terpikirkan.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend